Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (BP/Ant)

BANDUNG, BALIPOST.com – Varian baru virus corona yang lebih menular yakni B.1.1.7 yang pertama kali muncul di Inggris sudah masuk ke Indonesia, tepatnya di Kabupaten Karawang. Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengemukakan hal itu, Rabu (3/3).

Gubernur meminta Tim Unpad untuk melakukan penelitian varian baru virus corona tersebut. “Nah masih terkait berita COVID-19. Varian baru virus corona B117 dari Inggris yang sudah ada di Indonesia, sudah masuk di Karawang. Oleh karena itu kami sudah melakukan pelacakan,” katanya usai menghadiri acara Uji Klinik Vaksin COVID-19 Rekombinan Anhui di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jalan Profesor Eyckman Kota Bandung, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Mulai Hari Ini, Uluwatu Hentikan Sementara Pertunjukan Kecak Kolosal

Ridwan Kamil meminta kepada warga Jabar agar tetap tenang dan tidak panik terkait adanya varian baru virus corona tersebut dan langkah antisipasi telah dilalukan sejak awal karena satgas telah memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi. “Jadi ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan menemukan dua kasus varian baru virus corona atau virus jenis B117-UK dari Inggris di Indonesia.

Baca juga:  Satu Tersangka Kasus Ambil Paksa Jenazah Dikonfirmasi Positif COVID-19

“Tadi malam (Senin, 1/3) malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun pandemi COVID-19 hari ini, kita menemukan mutasi B117-UK di Indonesia,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono. (kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *