I Nengah Tamba. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan pidato perdananya dalam rapat paripurna II DPRD Jembrana, Selasa (2/3) di Gedung DPRD Jembrana. Acara diawali dengan penyerahan memori serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Masa Jabatan 2016-2021 oleh PLH.

Bupati Jembrana I Nengah Ledang kepada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2021-2024, I Nengah Tamba dan I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Dalam pidatonya, Bupati I Nengah Tamba memaparkan visi misinya untuk membangun dan pemberdayaan masyarakat Jembrana kedepan. Meski tantangan berat ditengah gelombang pandemi COVID-19, Bupati Tamba mengungkapkan kesiapannya mewuujudkan visi dan misi yang diusung.

Situasi itu (Pandemi), kata Tamba, tidak menyurutkan menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai konstitusi. “Kita sadari tantangan cukup berat saat ini ditengah situasi pandemi yang masih berlangsung. Tapi tanggung jawab tidak boleh tertunda, apalagi terhenti. Kita sudah bertekad dan ikhtiar untuk mewujudkan visi dan misi serta menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai konstitusi,“ tegasnya.

Baca juga:  Sejumlah Program Unggulan Pemkab Jembrana Jadi Sorotan DPRD

Di hadapan anggota DPRD dan jajaran Forkopimda, Bupati Tamba juga memaparkan visi dan misinya dalam memimpin Jembrana kedepan. Mengusung visi “Mewujudkan Masyarakat Jembrana Bahagia Berlandaskan Tri Hita Karana”.

Visi itu dijabarkan kedalam misi “Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana,” mengandung enam unsur kehidupan yang harus dijaga bersama. Diantaranya Atma Kerthi, yaitu membangun ketakwaan kepada Tuhan, Jana Kerthi, yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Berikutnya Wana Kerthi, menjaga kelestarian hutan pegunungan, hutan bakau, dan buyuk sebagai satu kesatuan ekosistem dalam konsep segara gunung, Danu Kerthi yaitu melestarikan dan memanfaatkan sumber-sumber air untuk kehidupan, Segara Kerthi, yaitu memelihara dan memanfaatkan potensi laut untuk kehidupan. Terakhir, Jagat Kerthi yaitu menata alam untuk sumber kehidupan dan kebahagiaan.

Baca juga:  Ini, Kesaksian Warga Sekitar PLTU Celukan Bawang soal Dampak Polusi Batu Bara

“Visi dan misi itu akan menjadi panduan kita bersama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Jembrana kedepan,” papar Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga menegaskan prioritas utama dalam program kerjanya adalah penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Dijelaskannya, ada 2 sektor unggulan yang harus dimaksimalkan, yakni pertanian dan perikanan. ”Kita harus majukan dua sektor itu. Kita buka akses dan memberikan karpet merah bagi investor yang ingin masuk ke Jembrana,“ paparnya.

Secara pribadi, Bupati Tamba bersama wakilnya, menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan kedewasaan masyarakat Jembrana berdemokrasi. Ucapan terima kasih juga kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, penyelenggara Pemilu serta jajaran TNI/ Polri yang telah bekerja dengan baik, dengan aman dan lancarnya pelaksanaan Pilkada.

Baca juga:  Ini, Nama 26 Korban Kecelakaan Bus Tirtayatra

Dengan besarnya harapan masyarakat Jembrana, Bupati Tamba mengaku siap mengemban kepercayaan untuk mewujudkan berbagai visi dan misinya tersebut. “Kemenangan ini adalah kemenangan kita semua. Namun kemenangan dalam pilkada bukanlah kemenangan yang sebenarnya. Kemenangan yang sebenarnya saat kepercayaan dan harapan yang telah diberikan itu, dapat kami laksanakan dan wujudkan sesuai dengan janji kami,” tandasnya.

Ia juga mengajak seluruh komponen bersatu mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan Jembrana. Serta melupakan berbagai dinamika selama perhelatan pilkada berlangsung. “Mari kita rajut kembali kebersamaan dalam membangun Jembrana. Tidak ada lagi pendukung 01 dan 02. Kita semua adalah masyarakat Jembrana. Mari saling bahu membahu berjalan beriiringan. Kita maju karena kita kompak, kita kuat karena kita bersatu,“ pungkasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.