Acara serah terima jabatan Bupati dsn Wakil Bupati Karangasem di Ruang Sidang Paripurna DPRD Karangasem, Jumat (26/2). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati terpilih I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa telah resmi di lantik pada Jumat (26/2). Di awal-awal masa jabatannya, Gede Dana bakal fokus dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya di sektor Galian C. Selain itu juga, bakal fokus melakukan penanganan penyebaran COVID-19.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengungkapkan, di awal-awal masa jabatannya, pihaknya bakal fokus meningkatkan PAD, khusunya di sektor Galian C. Pasalnya, saat ini yang masih menjadi andalan di tengah situasi pandemi COVID-19 ini adalah pendapatan dari Galian C. “Banyak hal yang meski kami lakukan. Salah satunya, meningkatkan PAD dari sektor Galian C. Selain Galian C, kami juga tetap mengandalkan pajak hotel dan restaurant bila situasi sudah normal,” ucapnya.

Baca juga:  Tak Ditempati, Begini Kondisi Rumah Jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem

Gede Dana, menjelaskan, di dalam upaya meningkatkan pendapatan dari Galian C, maka pihaknya bakal terus meningkatkan pengawasan di lapangan. Seperti yang telah dilajukan sebelumnya, melakukan pengawasan di portal-portal galian.

Langkah ini, dinilai cukup efektif untuk menekan terjadinya kebocoran seperti yang terjadi selama ini. “Kami akan terus melaukan pemetaan terkait pajak Galian C ini. Inilah langkah-langkah awal jabatan kami. Intinya, sedikit biaya tapi bayak hasilnya,” katanya.

Selain Peningkatan PAD, jelas Gede Dana, pihaknya juga bakal fokus di dalam penanggulangan COVID-19 ini. Pihaknya, bakal melaukan pemetaan wilayah-wilayah yang berpotensi penyebaran COVID-19 ini.

Baca juga:  Pengungsi di GOR Swecapura Terserang Tomcat

Karena, pihaknya ingin penyebaran virus ini tidak semakin meluas di Karangasem. “Kami akan tangani COVID-19 ini dengan baik agar penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas kedepannya. Karena kami tak ingin virus ini terus melanda warga Karangasem. Dalam secepatnya kita akan lakukan rapat dengan satgas Kabupaten untuk dapat mencegah penyebaran COVID-19 ini. Termasuk melakukan penanganan orang-orang yang sudah terkonfirmasi positif,” jelasnya.

Dia mejelaskan, pihaknya juga bakal memikirkan bagaimana caranya mendapatkan anggaran untuk membangun Karangasem kedepanya. Pihaknya, bakal melakukan lobi-lobi ke Pemerintah Provinsi Bali dan Pusat agar Karangasem mendapatkan kuncuran dana di tengah situasi ini. “Kami akan berusa mencari celahbuntuk mendspatkan anggran ini. Dan dana itu bakal kami pergunakan untuk membangun Karangasem,” tegasnya.

Baca juga:  Temuan Kardus Bikin Geger Kantor Gubernur

Sementara itu, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, mengatakan, dalam 100 hari kerja, pihaknya bakal fokus terhadap visi dan misi. Pasalnya, visi dan misi ini yang sudah dijanjikan kepada masyarakat. “Itu yang akan dilakukan untuk mewujudkan Karangasem Era Baru,” ucapnya.

Selain itu, jelas Artha Dipa, pihaknya juga memikirkan dana untuk mengerjakan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya, meingkatkan pendapatan.

Karena tanpa pendapatan pihaknya tidak bisa berbuat banyak. “Kita akan bekerjasama degan pemerintah provinsi Bali an Pusat terkait anggaran itu. Dengan begitu, nantinya kita dapat menenuhi harapan masyatakat di tengah situasi ini,” tegas Artha Dipa. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.