Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Walau masih pandemi COVID-19, Kodam IX/Udayana membuka penerimaan anggota baru untuk menjadi Calon Tamtama Prajurit Karier (Cata-PK) Gelombang I Tahun 2021 memenuhi kebutuhan organisasi khususnya TNI AD. Dalam kegiatan penerimaan tidak dipungut biaya alias gratis.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G. dalam rilis tertulisnya, Rabu (17/2) menyampaikan, sebelum melakukan pendaftaran, ada ketentuan dan persyaratan yang harus diperhatikan. Persyaratan itu diantaranya, pria dan bukan anggota/mantan Prajurit TNI/Polri atau PNS TNI, khusus sumber umum serendah-rendahnya berijazah/lulusan SMP/sederajat atau yang setara baik negeri atau swasta yang terakreditasi, memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 centimeter, serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Baca juga:  Tahun Lalu Sempat Diamankan Tapi Dilepas Tak Cukup Bukti, Kini Semal Berhasil Diringkus

“Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam mengikuti pendidikan pertama sampai dengan dua tahun,” ujarnya.

Selesai pendidikan pertama, bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi prajurit TNI AD, siap ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI. “Mengikuti pemeriksaan atau pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi dan psikologi. Para peserta juga memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif,” tegas Kolonel Jonny.

Baca juga:  Gara-gara Ada Tak Ikut Tes, Pengumuman Rektrutmen Pegawai RS Pratama Batal

Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahap yaitu Sub Panda dan Sub Panpus. Pada tingkat Sub Panda diawali dengan melaksanakan pendaftaran secara online terhitung mulai tanggal 1 Januari hingga 7 Maret 2021.

Apabila secara online dengan alamat rekrutmen-tni.mil.id terjadi gangguan, maka dapat mendaftarkan diri secara langsung dan minta penjelasan lebih lanjut di Ajendam IX/Udayana untuk wilayah Provinsi Bali dan Ajenrem 161/Wira Sakti, Kupang untuk wilayah NTT, serta Ajenrem 162/Wira Bhakti, Mataram untuk wilayah Provinsi NTB.

Baca juga:  Pengumuman Rekrutmen THL Tanpa Cap Viral di Medsos

Selanjutnya pada 8 hingga 19 Maret 2021 dilaksanakan pendaftaran ulang dan validasi. Tanggal 22 hingga 31 Maret 2021 yaitu pengecekan/tes awal. Kemudian pada tanggal 1 dan 2 April 2021 dilaksanakan parade dan pengumuman tingkat Sub Panda.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat pada tingkat seleksi Sub Panda, para peserta akan melaksanakan pemeriksaan/pengujian di tingkat Sub Panpus tanggal 7 hingga18 April 2021, dan bagi para peserta yang dinyatakan lulus dalam seleksi akan langsung dan berhak untuk mengikuti pendidikan. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.