Menparekraf, Sandiaga Uno mengajak seluruh komponen membantu UKM dalam menyerap produk lokal. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan menyusun masterplan pariwisata. Salah satu kawasan yang dikunjungi untuk penyelesaian masterplan ini adalah Ubud.

Kawasan yang dikenal dengan sebutan Kampung Turis ini  dipilih karena kehidupan masyarakatnya yang menarik minat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Ia yang mengunjungi Puri Ubud, Jumat (29/1), mengungkapkan pariwisata yang berkembang di Ubud didasarkan pariwisata budaya. Ada budaya yang melandasi pengembangan pariwisata. Untuk itu masyarakat dan pelaku pariwisata memiliki kewajiban untuk melestarikan budaya Bali.

Baca juga:  Bahan Baku Batu Bata di Desa Tulikup Makin Menipis

Ia melihat di Ubud juga terlihat ada tradisi kekinian. Di dalamnya ada unsur tradisional dan modern. “Yang jelas masterplan pariwisata Ubud tetap pariwisata budaya,” jelasnya.

Menparekraf yakin ke depan sektor pariwisata tetap bisa membuka lapangan kerja. Pemerintah tentu akan berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi. “Saya juga sudah menerima masukan pelaku sektor UKM yang selama ini mengeluhkan sulitnya pemasaran,” ucapnya.

Sektor UKM diharapkan kreatif dalam penerapan digitalisasi. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan bersinergi membantu UKM dalam permodalan, pendampingan dan pemasaran. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Menparekraf Pastikan Isu Ganggu Reputasi Bali Tertangani Baik
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *