Ribuan dosis vaksin didistribusikan ke Klungkung. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Setelah sempat tertunda pada distribusi vaksin tahap I, Klungkung akhirnya menerima distribusi vaksin COVID-19 tahap II. Sebanyak 4.200 Vial Vaksin CoronaVac didistribusikan dengan mobil box menuju UPT Instalasi Farmasi, Kecamatan Banjarangkan, Senin (25/1).

Proses distribusi mendapat kawalan ketat dari pihak kepolisian. Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, dr. Ni Made Suapatni, mengatakan seluruh vaksin ini rencananya akan menyasar para tenaga kesehatan (nakes) yang sudah terdaftar.

Setiap tenaga kesehatan, akan menjalani vaksinasi sebanyak dua kali. “Data yang sudah masuk 2.100-an nakes. Cuman tidak menutup kemungkinan, kalau ada yang belum masuk masih diberikan kesempatan untuk melakukan pendaftaran. Untuk seluruh nakes, baik swasta dan kontrak,” katanya.

Baca juga:  Hingga Agustus, Kasus Gigitan HPR Mencapai 1512 Gigitan

Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan secepatnya, menunggu vaksinasi perdana, tergantung kesiapan unsur pimpinan daerah, seperti bupati, sekda, kajari dan kapolres. Setelah vaksinasi perdana sudah berjalan, baru diikuti oleh seluruh fasilitas pelayanan yang sudah siap melaksanakan vaksinasi. “Vaksin sementara disimpin di Instalasi Farmasi disini. Didalam suhu 2 sampai 8 derajat. Nanti ada Tim dari TNI, Polri dan Sat Pol PP, dan tenaga khusus untuk menjaganya,” tegasnya.

Baca juga:  Transmisi Lokalnya Cukup Tinggi, Sanur Kauh Sepakat Lakukan Ini

Selanjutnya khusus untuk distribusi vaksin ke Nusa Penida, tergantung nanti kapan vaksinasi perdananya. Kalau vaksinasi perdana lebih cepat, maka distribusi vaksin ke Nusa Penida bisa diproses lebih cepat melalui Kapal Roro Nusa Jaya Abadi, dikawal petugas kepolisian.

Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa, saat ditemui di lokasi mengatakan proses mengamanan distribusi ke Nusa Penida tentu akan dilakukan pengawalan ketat. Bahkan, mengerahkan Polairud. “Tadi pengawal dibantu Personil Brimob 10 orang. Ada juga pengamanan unit kendaraan sebanyak 15 unit, ditambah pengawalan jalur. Setelah ini nanti ada tambahan kerja, dalam proses pengiriman ke Nusa Penida, sesuai perunjuk Satgas COVID-19. Kami akan mengikutsertakan Polairud,” jelas kapolres. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.