Ilustrasi. (BP/Suarsana)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tambahan harian kasus COVID-19 pada Kamis (21/1) masih melonjak tajam. Bukan lagi di kisaran 200 sampai 300, tapi sudah berada di angka 400-an kasus.

Kondisi ini sudah terjadi sejak Rabu (20/1) dengan rekor baru yang dicapai Bali selama penanganan pandemi yang sudah berlangsung hampir 11 bulan, yaitu sebanyak 494 orang. Sementara di hari ini, terjadi penambahan kasus sebanyak 483 orang.

Dilihat dari jenis penularannya, 427 orang tertular karena transmisi lokal sehingga kumulatif kasusnya mencapai 22.004 orang. Sementara 51 orang merupakan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan total kasus 584 orang. Terdapat pula penambahan pelaku perjalanan luar negeri sebanyak 5 kasus dan kumulatifnya mencapai 318 orang.

Baca juga:  Tinggi, Potensi Ekspor Madu Bali

Untuk penyebarannya, seluruh kabupaten/kota melaporkan kasus baru. Terbanyak, lagi-lagi disumbangkan oleh Denpasar. Zona merah ini kembali menjadi penyumbang terbanyak kasus COVID-19 pada hari ini dengan jumlah 189 orang. Sehari sebelumnya, Ibukota Provinsi Bali ini menambah kasus sebanyak 218 orang.

Posisi kedua dipegang Badung dengan 95 kasus. Kemudian posisi ketiga adalah Gianyar dengan 49 kasus. Posisi keempat Jembrana yang bertambah sebanyak 43 kasus. Di posisi kelima adalah Tabanan yang mencatatkan tambahan 29 kasus.

Untuk posisi keenam adalah Bangli yang kembali melonjak kasusnya padahal sudah bergeser ke zona orange per 17 Januari 2021. Terdapat 28 kasus baru yang dilaporkan.

Baca juga:  Wapres Buka Munas ABP PTSI, PTS Diminta Tak Abaikan Kualitas

Posisi ketujuh adalah Buleleng dengan 15 kasus baru. Posisi kedelapan adalah Klungkung yang memiliki 10 kasus baru. Kemudian posisi kesembilan adalah Karangasem dengan 5 kasus baru.

Terdapat pula 14 orang dari kabupaten lain dan 6 WNA yang terkonfirmasi COVID-19.

Pasien Sembuh

Untuk kasus sembuh, terdapat penambahan sebanyak 224 orang. Pasien sembuh terbanyak dilaporkan dua kabupaten/kota yaitu Denpasar dan Jembrana. Di posisi selanjutnya adalah Badung yang bertambah 44 pasien sembuh. Kemudian ada Tabanan dengan 42 pasien sembuh. Dan Buleleng yang melaporkan 13 pasien sembuh.

Sisanya 4 kabupaten melaporkan pasien sembuh di bawah 5 orang. Yakni Gianyar, Bangli, dan Karangasem sama-sama melaporkan 4 pasien sembuh, serta Klungkung melaporkan 2 pasien sembuh.

Baca juga:  Sembahyang di Sakenan, Mobil Polisi Dicongkel dan Pistolnya Raib

Kasus aktif bertambah sebanyak 254 orang. Kumulatifnya menjadi 2.891 yang masih dirawat maupun dikarantina.

Lima besarnya adalah Denpasar dengan 912 kasus, Badung dengan 684 kasus, Gianyar yang masih memiliki 346 kasus, Tabanan 294 kasus, dan Jembrana 267 kasus.

Selain itu, Buleleng ada di posisi keenam dengan 126 kasus. Posisi ketujuh ditempat Bangli dengan 75 kasus. Kemudian posisi kedelapan adalah Karangasem dengan 59 kasus. Posisi kesembilan dipegang Klungkung dengan 32 kasus.

Masih terdapat 78 warga dari kabupaten lain dan 18 WNA dirawat karena masih menderita COVID-19. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.