Tangkapan layar pertemuan virtual PWI Pusat dan Panitia HPN 2021 dengan Ketua MPR RI dan Menkop. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021 akan digelar 7 hingga 9 Februari 2021. Pengurus PWI Pusat dan Panitia Pusat Hari Pers Nasional (HPN) 2021 mengundang Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, untuk menghadirinya.

Dalam audiensi virtual, Selasa, (12/1/2021), Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari langsung meminta kesedian, baik Ketua MPR RI dan Menteri Koperasi UKM untuk hadir pada dalam HPN yang akan dilaksanakan di Jakarta. Meski dilakukan secara virtual pertemuan ini berlangsung hangat dan penuh keakraban.

Ketua Umum PWI Pusat menghaturkan rasa terima kasih atas sambutan baik dari Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo dan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki.

Baca juga:  PWI Minta Usut Tuntas Polisi Pelanggar Kemerdekaan Pers

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam pertemuan ini mengatakan, pers adalah komponen yang sangat penting di dalam negara demokrasi seperti Indonesia, jadi momentum HPN 2021 ini sangat  dia dukung untuk tetap dilaksanakan meski di tengah masa pandemi covid-19.

“Atas undangan PWI, saya siap hadir baik secara aktual maupun virtual, asalkan jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Bambang Soesatyo yang juga tercatat pernah berkiprah menjadi wartawan di beberapa media.

Usai melakukan pertemuan virtual dengan Ketua MPR, Panitia HPN langsung melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Seperti halnya Ketua MPR, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di awal pertemuan virtual ini langsung menyambut baik rencana PWI Pusat dan Panitia HPN 2021 untuk melakukan HPN secara virtual.

Baca juga:  Dewan Pers Didorong Segera Pidanakan Pemalsu Sertifikat UKW

“Meskipun secara virtual, saya wajib mendukung dan ikut serta pada Hari Pers Nasional 2021. Melalui PWI saya menitipkan agar di masa pandemi saat ini UMKM senantiasa berjuang agar terus dapat bertahan demi kelangsungan hidup. UMKM saat ini juga dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara digital,” harap Teten Masduki.

Teten juga menaruh harapan besar agar para UMKM harus bisa beradaptasi di tengah perubahan perilaku konsumsi masyarakat saat ini.

Sementara itu Ketua Panitia HPN 2021 Auri Jaya mengatakan bahwa Peringatan HPN 2021 lokasi puncaknya tetap dilaksanakan di Ancol sesuai rencana awal, dan ini sesuai dengan permintaan Gubernur DKI beberapa waktu yang lalu.

Baca juga:  Jakarta Jadi Tuan Rumah HPN 2021

“HPN kali ini akan dicanangkan sebagai HPN pertama yang di selenggarakan secara virtual oleh PWI Pusat dan di ikuti secara serentak oleh seluruh PWI Provinsi, PWI Kabupaten dan Kota serta konstituen Dewan Pers lainnya, seperti SMSI, AMSI, ATVSI, ATVLI, SPS, PRSSNI, PPPI, SGP, PFI, dimana ditargetkan akan diikuti oleh sepuluh ribu wartawan dari seluruh Indonesia secara virtual,” ujar Auri Jaya.

Langkah ini diambil akibat pandemi COVID-19 yang belum memperlihatkan tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. “Untuk itu PWI Pusat lewat Panitia HPN berinovasi peringatan HPN dikemas dalam bentuk virtual,” ujarnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.