Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama didamping Sekda I Ketut Sedana Merta saat jumpa pers terkait pelaksanaan vaksin Covid-19, Rabu (6/1). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dinas Kesehatan Karangasem tengah mempersiapkan diri jelang pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Rencananya, Diskes bakal mulai melakukan vaksin ini pada pertengahan Januari 2021. Kadiskes Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama di dampingi Sekda I Ketut Sedana Merta mengakui hal itu, Rabu (6/1).

Pertama mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan ribuan tenaga kesehatan yang telah diverifikasi untuk menjadi percontohan vaksin Covid-19 ini. Untuk vaksin akan dimulai pertengahan Januari ini. “Jumlah nakes sebanyak 1.967 orang yang telah diverifikasi. Vaksin akan dimulai dilakukan pada 14 Januari,” jelas Pertama.

Baca juga:  TNI Gelar Penghijauan di Pesisir Yeh Gangga

Pertama menambahkan, pelaksanaan vaksin dilakukan dua tahap. Yakni, untuk tahap pertama dilakukan Januari sampai April. Sedangkan, untuk tahap kedua April 2021 sampai Maret 2022. “Untuk tahap pertama menyasar, nakes, forkompinda, TNI, Polri dan pelayanan publik. Sementara tahap kedua, menyasar masyarakat,” katanya.

Menurut Pertama, pihaknya telah menyiapkan 13 tempat untuk melaksanakan vaksin ini, yakni 12 puskesmas dan satu rumah sakit. Jelas dia, untuk jatah vaksin yang bakal diterima menyesuaikan dengan jumlah nakes yang diverifikasi. “Jumlahnya menyesuaikan. Tapi, ada tambahan beberapa persen,” tandasnya.

Baca juga:  Denda Bagi Pelanggar Prokes Diberlakukan, Efektifkah?

Terkait tempat penyimpanan vaksin, Pertama menegaskan, kalau pihaknya telah menyiapkan ruangan khusus untuk penyimpanan vaksin bila sudah datang nantinya. “Kami sudah siapkan gudang farmasi untuk menyimpan vaksin ini. Setalah itu, nantinya kami akan bawa vaksin ke 13 tempat yang dijadikan tempat untuk vaksin nanti,” tutup Pertama. (Eka Prananda/Balipost).

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.