Bupati Giri Prasta (tengah) menyerap aspirasi masyarakat. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan ada tiga fokus utama yang akan dilakukan Pemkab Badung dalam mengakselerasi pembangunan desa yang ada di wilayah Kabupaten Badung. Pertama penuntasan pembangunan fasilitas publik, kedua peningkatan kualitas SDM, dan yang ketiga penguatan UMKM.

“Hari ini kita turun mesadu ajeng dengan masyarakat Desa Adat Darmasaba untuk mendengar secara langsung apa yang menjadi kebutuhan warga. Karena selama ini masyarakat Badung pada umumnya dan masyarakat Darmasaba pada khususnya sudah sangat proaktif dalam mendukung dan menyukseskan segala program pemerintah. Tentu saya Giri Prasta selaku bupati juga tidak boleh lain-lain dan harus mendukung dan menyukseskan program kerja yang dirancang oleh masyarakat,” ujar Bupati Giri Prasta saat mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat Desa Adat Darmasaba bertempat di Wantilan Pura Puseh dan Desa, Desa Adat Darmasaba Br. Cabe Desa Darmasaba, Minggu (3/1) malam.

Pihaknya ingin semua desa yang ada di Badung harus berkembang maju dan mandiri. Untuk itu akan dilakukan pendataan dan klasifikasi, baik itu dari segi topografi maupun demografi. Sehingga bisa diketahui secara mendetail karakteristik dan potensi dari masing-masing desa untuk mempercepat proses pembangunan.

Baca juga:  "Membelah Bumi" Tandai Pembukaan FSB Badung XIII Tahun 2019

Terkait dengan peningkatan kualitas SDM masyarakat Badung, Giri Prasta menyampaikan ke depan Pemkab Badung akan merancang beasiswa S1 gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. Diharapkan generasi muda Badung minimal mengenyam pendidikan S1.

Demikian pula dalam upaya menguatkan dan menjaga ketahanan perekonomian masyarakat pihaknya akan mendorong masyarakat untuk menggeluti sektor UMKM dengan memberikan penguatan modal berupa stimulus langsung dari Pemkab Badung. “Untuk melanjutkan pembangunan Badung di masa mendatang kita membutuhkan SDM yang berkualitas. Oleh karena itu kita akan memberikan beasiswa S1 gratis untuk masyarakat yang kurang mampu. Karena generasi muda yang berkualitas yang akan kita ajak membangun Badung ke depan. Demikian pula dalam hal penguatan dan menjaga ketahanan perekonomian masyarakat kita akan memberikan dana stimulus untuk mendorong masyarakat menggerakkan sektor UMKM,” jelasnya.

Baca juga:  Pamit Pulang, Buruh Ditemukan Tinggal Kerangka

Berkenaan dengan kondisi wilayah dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat Desa Darmasaba, Giri Prasta berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan fasilitas publik yang meliputi pembangunan area parkir pura, balai serba guna, balai subak sampai ke pemasangan lampu LPJ di jalan yang minim penerangan. Bahkan pihaknya berkeinginan menjadikan Darmasaba sebagai desa digital dengan replikasi apa yang sudah dilakukan oleh Desa Punggul.

“Saya ingin menjadikan Darmasaba terang dan aman dengan dilengkapi lampu LPJ dan CCTV di area yang strategis. Darmasaba juga harus menjadi desa digital (smart village) dengan mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh Desa Punggul. Dan untuk Banjar Cabe akan kita hidupkan kembali sebagai Kampung Lele,” pungkasnya.

Bandesa Adat Darmasaba Made Suardana, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta karena sudah meluangkan waktu untuk medarma tula sekaligus memberikan arahan dan penerangan kepada masyarakat Desa Adat Darmasaba berkaitan dengan usaha untuk membangun Desa Adat Darmasaba. “Kami mewakili masyarakat Desa Adat Darmasaba menyampaikan terima kasih atas kehadiran bapak bupati untuk menyerap aspirasi dan masukan masyarakat berkaitan dengan program untuk membangun Desa Adat Darmasaba ke depan. Sekaligus kami meminta beliau untuk melakukan penandatangan prasasti karya Ngenteg Linggih Mupuk Pedagingan Tawur Balik Sumpah Madya Mapadudusan Agung Mapeselang dan Mapedanan yang kami laksanakan di Pura Puseh dan Desa, Desa Adat Darmasaba pada 2018. Karena berkat dana hibah yang beliau berikan sebesar Rp 2,8 miliar, pelaksanaan karya yang kami laksanakan bisa berjalan dengan sukses,” ucapnya.

Baca juga:  Menurun, Kunjungan Wisatawan Australia Ke Tanjung Benoa

Acara tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Badung I Bagus Alit Sucipta, Camat Abiansemal IB. Mas Arimbawa, Pj. Perbekel Darmasaba beserta prajuru adat dan dinas Desa Adat Darmasaba. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.