Seorang petugas PDAM melihat kondisi penyaringan di IPA Belusung, Denpasar. (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang mengakibatkan air sungai keruh mengakibatkan produksi di IPA Belusung, Denpasar terganggu. Alhasil, pasokan air bersih ke ribuan pelanggan Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung terdampak.

Berdasarkan informasi, Senin (14/12) sebagian pelanggan yang terkena dampak langsung yakni yang berada di wilayah Desa Dalung, Desa Canggu, dan Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara. Dirut Perumda Tirta Mangutama Kabupaten Badung I Ketut Golak menyampaikan permakluman kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan tersebut.

Baca juga:  Pemerintah Australia Jemput Seratusan Warganya di Bali

Pihaknya mengakui tersendatnya produksi lantaran air keruh, maka untuk sementara produksi terpaksa dihentikan. “Kami telah mengumunkan gangguan pasokan air bersih kepada pelanggan terjadi dari Senin (14/12) kemarin hingga Selasa (15/12) hari ini. Gangguan pelayanan ini akibat adanya gangguan produksi IPA Belusung, Denpasar penyebabnya adanya kekeruhan air baku Tukad Ayung yang mencapai 10.000 NTU,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah pelanggan yang terkena dampak langsung mencapai sekitar 14 ribu pelanggan. Sebagai kompensasi atas gangguan apsokan air bersih tersebut, Perumda Air Minum Tirta Mangutama pun menyiapkan mobil tangki bagi pelanggan yang membutuhkan air bersih.

Baca juga:  Pelaku Pencabulan Pelajar, Diduga Anggota Salah Satu Ormas di Bali

“Total mobil tangki yang dipersiapkan sebanyak empat unit mobil tangki untuk memasok air bersih kepada pelanggan yang membutuhkan,” kata pria asal Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi itu.

Ia menambahkan masyarakat yang memerlukan air bersih bisa menghubungi Perumda Air Minum Tirta Mangutama. “Petugas kemudian akan mengantar langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Pasokan air dari mobil tangki gratis,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *