Tangkapan layar Direktur Utama, Setyanto Hantoro, saat melakukan jumpa pers virtual. (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Telkomsel berkomitmen mendampingi pelanggannya dalam melewati berbagai event. Seperti Natal dan Tahun Baru (Naru). Hal ini diungkapkan Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, dalam jumpa pers virtual yang dipantau dari Denpasar, Senin (14/12).

Dikatakannya produk dan layanan yang prima tetap akan disediakan untuk pelanggan meski pun pada tahun ini, perayaan Natal dan Tahun Baru (Naru) relatif berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Telkomsel berupaya terus mendampingi masyarakat dengan kontribusi nyata. Kontribusi nyata berupa memastikan jarangan dan layanan akan tetap ada dan dapat melayani seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap dapat merayakan Natal dan Tahun Baru,” sebutnya.

Ia menyebutkan, Telkomsel memperkuat produk dan layanan yang didesain khusus menyambut Naru. Selain fokus pada produk, jaringan, dan layanan, Telkomsel memperkuat posisi sebagai connectivity enabler, dengan cara bersama-sama memberikan yang terbaik pada masyarakat. “Untuk itu, sebagai connectivity enabler, kami secara konsisten akan memastikan momen akhir tahun tetap spesial bagi seluruh masyarakat dengan terus saling terhubung melalui pemanfaatan layanan berteknologi digital yang didukung akses jaringan broadband terkini dan terluas dari Telkomsel.”

Baca juga:  Ganjar Ajak Masyarakat Gotong Royong Hadapi Krisis dari Desa

Ditambahkan Direktur Network Telkomsel, Hendri Mulya Syam, pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel memprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19 persen dibandingkan dengan hari biasa 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3%.

Prediksi tersebut didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,32%,layanancommunications (sepertiinstant messaging dan video conference) melonjak 22,52%, layanan streaming videonaik 12,47%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65%, akses browsing naik 14,21%, serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17%.

Baca juga:  Menhub Positif COVID-19, Presiden Tunjuk Luhut Panjaitan Jadi Ad Interim

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89% dibandingkan dengan hari biasa di 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8%. Untuk layanan Voice, Telkomsel memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76% dari hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1%.

Berdasarkan prediksi trafik di atas, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia. POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain).

Baca juga:  Pelaku Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan Diduga Mahasiswa

“Upaya penguatan, penambahan, dan pengamanan akses jaringan yang telah dilakukan secara rutin menjadi langkah kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, khususnya akan akses layanan broadband, terutama menjelang momen hari Natal dan Tahun Baru. Dengan adanya fokus optimalisasi jaringan di masing-masing titik prioritas ini kami berharap dapat meningkatkan user experience saat menggunakan jaringan Telkomsel. Kami pun memastikan bahwa penguatan dan pengamanan akses jaringan akan menjangkau seluruh titik prioritas agar seluruh pelanggan dapat terus menikmati layanan broadband terdepan, terluas, dan merata dengan nyaman dan lancar di setiap aktivitas digitalnya di momen akhir tahun dan pergantian tahun baru,” paparnya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *