Bupati Artha menandatangani prasasti peresmian bale wantilan Pura Alas Purwo. (BP/Olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Bupati Jembrana I Putu Artha meresmikan wantilan Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo Banyuwangi usai tuntas proses finishing, Rabu (25/11). Finishing meliputi berbagai ornamen dan fasilitas wantilan merupakan hibah dari Pemkab Jembrana tahun anggaran 2020.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, turut dihadiri Sekda Jembrana I Made Sudiada, Ketua Panitia Karya Sujarwo, PHDI setempat serta pimpinan OPD teknis di Pemkab Jembrana. Peresmian pada rahina Buda Kliwon Natal juga bertepatan dengan upacara pemlaspasan yang diawali dengan mendem dasar dan mendem pedagingan dipuput oleh Ida Bopo Pandita Giri Darma Arsa.

Baca juga:  "Tulamben Jukung Race" Sukses Pikat Wisatawan

Bupati Artha mengaku bersyukur proses renovasi wantilan bisa tepat waktu sehingga bermanfaat bagi umat khususnya pemedek yang hadir ngaturang bhakti di Pura Aas Purwo. Menurutnya, wantilan yang terletak di jaba sisi pura, dari sisi ornamen sangat indah.

Selain beraksitektur bali, ornamen dan ciri khas Jawa masih terlihat sehingga menjadi perpaduan yang indah dan unik dilihat. Ia juga berharap keberadaan wantilan itu dapat bermanfaat bagi umat serta pamedek yang hadir ngaturang bhakti di salah satu pura terbesar di Jawa Timur itu.

Baca juga:  Kebakaran Berhasil Dipadamkan, Pembuangan Sampah ke TPA Suwung Kembali Normal

“Senang sekali bisa hadir di acara pemelaspasan sekaligus ngaturang bhakti. Renovasi juga bisa tuntas tepat dan waktu. Semoga bermanfaat sekaligus menjalin komunikasi yang sudah baik selama ini,” tandasnya .

Sementara itu, Ketua PHDI Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi, Joko Setiyoso mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Jembrana atas dukungannya dalam bentuk dana hibah sehingga renovasi wantilan bisa terselesaikan. Ia juga berharap dukungan dan kerjasama yang sudah baik ini bisa terus terjaga guna memberikan semangat khususnya bagi umat hindu di Banyuwangi.

Baca juga:  Lagi, Tahanan BNNP yang Kabur Dibekuk

“Sekali lagi saya haturkan terima kasih pada upacara peresmian. Kepada bapak bupati atas perannya telah memberikan sesuatu yang sangat berarti. Selain itu atas dukungan seluruh jajaran pemerintah kabupaten di Bali. Sangat kami rasakan guna menata pura yang sangat bersejarah bagi umat Hindu ini. Secara bertahap kita terus lakukan pembenahan guna melengkapi berbagai sarana penunjang umat dan kelengkapan lainnya di Pura yang berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi,“ sebutnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *