Bupati Suwirta saat menerima plakat WTP di Ruang Rapat BPKPD Kabupaten Klungkung, Selasa (24/11). (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Klungkung berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Klungkung Tahun Anggaran 2019. Bahkan Kabupaten Klungkung ditetapkan meraih Opini WTP atas LKPD tahun 2019 dan meraih WTP 5 kali berturut-turut sejak 2015-2019.

Ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah atas kerja keras dan kesungguhan Pemerintah Daerah yang berhasil menyusun dan menyajikan LKPD tahun 2019 dengan capaian standar tertinggi, dalam akuntansi dan pelaporan keuangan. Penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada Pemkab Klungkung diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, Tri Budhianto yang diterima Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di Ruang Rapat BPKPD Kabupaten Klungkung, Selasa (24/11).

Baca juga:  Masuk Kategori Kerak Kemiskinan, Bali Sulit Turunkan Angka Kemiskinan Jadi 1 Persen

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Pemkab Klungkung mempertahankan opini WTP atas LKPD secara lima kali berturut-turut. Bupati Suwirta juga mengatakan, WTP ini bukan tujuan semuanya.

Tetapi WTP ini sudah ada yang mengevaluasi dan yang paling penting pihaknya bersama jajaran untuk selalu kerja secara maksimal dengan memberikan yang terbaik dengan spirit gema santi.

Maka raihan WTP ini, wajib diraih untuk yang kelima kalinya dan juga meraih 10 besar perencanaan pembangunan daerah tingkat nasional. “Jangan terlalu terlena dengan WTP berturut-turut,  WTP harus di kawal dengan baik,” ujar Bupati Suwirta dengan raut wajah gembira menerima penghargaan.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Mendag Pantau Harga di Dua Pasar Ini

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, Tri Budhianto menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Klungkung karena telah berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK selama lima kali berturut-turut.

Hal ini tentu tidak mudah, apalagi dari tahun ke tahun tantangan dan kriteria dari WTP itu semakin berat. Bahkan sekarang ini, pemeriksaan BPK tidak hanya fokus pada laporan keuangan saja. Namun juga merambah ke kinerja.

“Dari pengamatan kami selama setahun, Klungkung memang paling baik. Kinerja Pemkab Klungkung memang luar biasa. Ini prestasi, dan tidak mudah mempertahankan dengan kriteria yang semakin bertambah,” ujar Tri Budhianto.

Baca juga:  Peringatan Hari Pahlawan Jadi Momentum Perkuat Persatuan

Selain menerima piagam penghargaan, Pemkab Klungkung juga menerima plakat WTP karena telah mampu mempertahankan opini WTP selama lebih dari lima kali berturut-turut dan dilanjutkan dengan sharing session pelaksanaan anggaran daerah tahun 2020 yang bersumber dari APBN. Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Luh Ketut Ari Citrawati, Kepala Inspektorat Kabupaten Klungkung I Made Seger, Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, Kadis Pendidikan serta undangan terkait lainnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.