Petugas memasang jaringan WiFi gratis. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pengunjung pasar tradisional dan objek wisata di Kabupaten Badung kini dapat menikmati layanan internet gratis. Pasalnya, pemerintah setempat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melengkapi fasilitas publik tersebut dengan WiFi corner.

Kadis Kominfo Badung IGN Jaya Saputra, mengatakan pemasangan wifi gratis guna mengoptimalkan keberadaan pasar tradisional pada era new normal. Selain juga dalam upaya meningkatkan persaingan dengan pasar modern.
“Pemasangan wifi untuk mengembangkan pasar dengan beragam inovasi, sehingga meningkatkan minat masyarakat belanja ke pasar,” ujar Jaya Saputra, Jumat (20/11).

Menurutnya, pemasang Wifi Corner gratis di pasar merupakan salah satu inovasi menciptakan startup baru. Selain juga menciptakan e-commerce dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19 dan menumbuhkan kreativitas pembuatan konten.

Baca juga:  H Sovereign Bali Sabet "Bali Leading 4 Star Hotel" di BTA

“Kami ajak pemilik lapak kalau ada yang tertarik produknya dijual secara online. Saat ini kan mereka punya toko offline-nya, jadi kalau punya toko online, mereka tidak hanya menunggu pembeli yang di sini saja, tapi juga bisa pembeli di seluruh daerah,” terangnya.

Selain untuk melihat dampak positif dari pertumbuhan ekonomi digital, Jaya Saputra mengatakan bahwa Gerakan pasar go online ini merambah market online sebagai bagian dari gerakan literasi kepada masyarakat. “Saat ini, transformasi digital melalui gadget atau handphone pribadi sangat bermanfaat untuk digunakan. Masyarakat punya alat (smartphone) yang sangat powerful, tapi terkadang masih salah menggunakannya. Kita bisa belajar dari smartphone kita karena banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita manfaatkan dengan baik, salah satunya dengan berdagang melalui online,” jelasnya.

Baca juga:  Jika Abu Vulkanik Ditemukan di Bandara Ngurah Rai, Penutupan akan Dilakukan

Program WiFi Corner gratis kabupaten Badung, kata Jaya, tidak hanya menyasar pasar tradisional semata. Dalam rangka menyambut reborn industri pariwisata pihaknya juga akan memasang WiFi Corner gratis di 33 site objek wisata. “Untuk meningkatkan kualitas objek pariwisata dalam meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke objek wisata yang ada di Kabupaten Badung, kita sudah melakukan pemasangan WiFi Corner di 33 site objek wisata,” ujarnya.

Ditambahkan, apabila objek wisata memiliki jaringan internet gratis dengan kualitas yang baik, tentu akan menambah rasa nyaman bagi wisatawan. Karena gaya hidup masyarakat dunia yang tidak bisa lepas dari media sosial. Setiap kegiatan yang mereka lakukan selalu di publikasikan ke media sosial.

Baca juga:  Infrastruktur Jaringan Hingga Pelosok, Telkomsel Dianugerahi Penghargaan KPU/USO

Mantan Camat Mengwi ini menguraikan WiFi Corner yang terpasang di wilayah Kab Badung antara lain di Pasar Petang, Wantilan Carangsari, Lapangan Umum Bongkasa, Pasar Blahkiuh, Pasar Jagapati, Pasar Sibanggede, Pasar Sembung, Gor Mengwi, dan Pasar Beringkit. Juga ada di RSUD Kapal, Lapangan Umum Munggu, Pantai Prerenan, Lapangan Umum Dalung, Gor Kerobokan, Lapangan Umum Tibubeneng, Lapangan Bulu Tangkis JI. Majapahit Suka Duka Dharma Semadi Kuta, Jalan Plawa Sebelah Kantor LPD Seminya, Jln. Pasir Putih Gor Bulu Tangkis Palguna Kedonganan, Pantai Melasti Kutuh, Pura Gunung Payung Sawangan Nusa Dua Kuta, Pura Pucak Mangu Petang dan Pura Pucak Bon Petang. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

  1. Semoga program ini tidak hangat hangat tahi ayam saja… hanya beberapa saat..kemudian hilang.. sebagaimana yg telah terjadi dibanyak bale banjar unt masyarakat desa sekarang sdh banyak wifi nya yg diputus .. entah mengapa…

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.