Ilustrasi. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Jumlah pegawai yang ada di Kabupaten Karangasem setiap tahunnya terus mengalami penurunan akibat ditinggal pensiun. Atas kondisi itu, Pemkab Karangasem mengusulkan ratusan formasi untuk rekrutmen CPNS ke Pemerintah Pusat pada 2021 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Karangasem, I Gusti Gede Rinceg, mengungkapkan, kalau Karangasem mengusulkan sebanyak 875 yang disampaikan ke Kementerian Apratur Sipil Negara (Menpan). “Sebagian besar yang kita usulkan adalah tenaga pendidik, dan tenaga kesehatan. Sisanya teknisi serta penyuluh,” ucap Rinceg.

Baca juga:  Jimat Tak Bantu Kelulusan Tes CPNS

Rinceg, menambahkan saat ini usulan telah disampaikan dan berharap pengajuan itu nantinya direalisasikan oleh pusat. Terlebih lagi, dari 2019, Karangasem tidak melakukan rekrutmen CPNS karena anggaran dialihkan untuk kegiatan yang lain. “Kita sangat berharap usulan ini bisa direalisasikan oleh Kemenpan,” sebutnya.

Dia menjelaskan, di 2019 terdapat 209 PNS yang pensiun. Sedangkan pada tahun ini, sebanyak 266 orang, dan di 2021 sekitar 290 orang. “Intinya setiap tahun jumlah pegawai di Karangasem terus berkurang karena ditinggal pensiun,” jelasnya.

Baca juga:  TKD CPNS Diikuti 10.265 Peserta

Tak hanya CPNS, jelas Rinceg, pihaknya juga mengusulkan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk Karangasem. Hanya saja, untuk belum memastikan jumlah usulan, mengingat gajih PPPK memakai APBD daerah. “Untuk usulan PPPK sebagian tenaga pendidik, penyuluh, dan teknisi ke PU an,” tandas Rinceg. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.