Akibat hujan deras rumah milik lansia miskin di Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu ambruk Minggu (25/10) lalu. (BP/Mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Hujan deras melanda wilayah Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Minggu (25/10). Akibatnya, rumah milik seorang lanjut usia (lansia) miskin di Dusun Belulang ambruk.

Beruntung, rumah itu dalam keadaan kosong, sehingga tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Sebelum kejadian, hujan sejak siang hingga sore hari. Diduga, rangka rumah dari kayu dan bambu sudah lapuk.

Apalagi, usia bangunan sudah tua, sehingga tidak mampu menahan beban dan seluruh bangunan ambruk hingga rata dengan tanah. Saat kejadian pemilik rumah Ni Ketut Kanis (99) beristirahat di rumah anaknya yang berada tidak jauh dari lokasis kejadian, sehingga dia selamat dari maut.

Baca juga:  Narkoba Miliaran Rupiah Dimusnahkan

Namun demikian, perlengkapan rumah tangga dan peralatan dapur tidak bisa diselamatkan. Saat ini, lansia yang termasuk warga miskin itu tinggal bersama anaknya.

Camat Busungbiu I Gede Putra Aryana Senin (26/10) membenarkan kejadian itu. Pura mengatakan, pasca kejadian itu aparat desa sudah berkordinasi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng.

Personel BPBD melakukan pendataan sekaligus membantu korban untuk membersihkan puing rumah yang ambruk itu. Setelah ini, pihaknya juga mengusulkan bantuan perbaikan rumah dan bantuan pangan untuk korban.

Baca juga:  Senderan dan Pelinggih di Pantai Siyut Ambruk

Ini karena kondisi korban adalah lansia dengan kondisi perekonomian lemah. “Tadi, sudah dicek dan korban memiliki lahan rumah, sehingga kita bersama pemerintahan desa berkordinasi untuk bisa menerima bantuan perbaikan rumah tinggal,” jelas mantan Kabag Humas Sekretariat DPRD Buleleng ini. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.