Petugas BPBD Karangasem melakukan evakuasi dahan pohon tumbang. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Petugas Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Karangasem melakukan proses evakuasi terhadap dahan pohon yang menimpa sejumlah palinggih di Pura Maksan Kancing Gumi, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (22/10). Evakuasi baru dilakukan, karena pengempon pura lebih dulu melakukan upacara guru piduka di lokasi.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengungkapkan, untuk melakukan proses evakuasi dahan pohon tersebut, pihaknya menerjunkan sejumlah petugas ke lokasi. Proses evakuasi dahan pohon baru bisa dilakukan karena pengempon pura lebih dulu melakukan upacara guru piduka di pura tersebut.

Baca juga:  Gempa, Dampak di Karangasem Nihil

“Kejadian ini sudah terjadi pada Selasa (20/10). Dahan pohon sempat dibiarkan selama dua hari sembari menunggu upacara yang dilakukan oleh pengempon pura selesai. Dan hari ini, pohon baru kita evakuasi bersama pengempon pura,” ucapnya.

Arimbawa menambahkan, akibat kejadian itu, sejumlah bangunan palinggih mengami kerusakan, yakni satu unit Bale Piasan, dua unit Bale Lapan, satu unit Bale Pelik, Candi Pura, dua unit Bangunan Pelinggih Gedong dan Penyengker Pura. Kerugian material akibat peristiwa itu diperkirakan mencapai 50 juta rupiah,” jelas Arimbawa. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.