MANGUPURA, BALIPOST.com – Ada yang menarik saat Polres Badung melakukan operasi protokol kesehatan (prokes) dan razia perut lapar di Pasar Beringkit, Mengwi.  Polisi mengenakan topeng Celuluk Corona melihat laki-laki ODGJ tidak pakai masker.

Celuluk Corona pun menghampiri ODGJ itu dan langsung memakaikan masker. “Nah, ganteng sajan puk (ganteng sekali),” ucap petugas berperan sebagai Celuluk Corona tersebut.

Selain itu, Kabagops Polres Badung Kompol Wayan Suana menemukan seorang warga tanpa masker karena lupa. Sebelum diberi masker, orang tersebut diberi sanksi fisik yaitu melakukan jongkok bangun.

Baca juga:  Ketua DPD Nasdem Tabanan Meninggal Dunia

Kapolres Badung  AKBP Roby Septiadi mengatakan,  niatnya memang melaksanakan penertiban masker  disandingkan dengan bagi-bagi makanan gratis. “Intinya kami ingin lebih mengingatkan masyarakat menggunakan maskser,” tegasnya.

Terkait sanksi bagi pelanggar, menurut Roby, tetap berpedoman pada Pergub Bali dan Perbup Badung. Mereka yang tidak mengenakan masker akan dikenakan sanksi. Mulai sanksi administratif sampai denda.

“Namun hari ini lebih ke sanksi sosial, seperti membersihkan jalan dan fisik. Supaya mereka selalu ingat pakai masker,  jaga jarak dan sering-sering mencuci tangan. Karena virus ini masih ada,” ujarnya.

Baca juga:  Tiga Hari Berturut-turut, Denpasar Jadi Penyumbang Terbanyak Kasus COVID-19 Harian

Kalau semua orang taat dan tertib melaksanakan  prokes, menurut Roby,  walau virus ini belum obatnya tapi bisa kita tekan penyebarannya. “Mari kita disiplin mengenakan masker, cuci tangan dan jaga jarak,” tandasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.