Tangkapan layar peta sebaran kasus COVID-19 di Bali. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Meski Bali mayoritas masuk zona orange pada hasil evaluasi sepekan lalu oleh Satgas COVID-19 Nasional, tapi sepekan terakhir jumlah kasus COVID-19 harian berada di atas 100. Kondisi ini juga terjadi pada Jumat (2/10).

Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bali, jumlah kasus harian yang dilaporkan mencapai 130 orang. Seluruh kasus baru merupakan jenis transmisi lokal.

Dari kumulatif 9.149 kasus yang ditangani Bali, transmisi lokal kini mencapai 8.757 orang. Sementara untuk jenis penularan PPDN mencapai 87 orang dan PPLN sebanyak 305 orang.

Seluruh kabupaten/kota melaporkan tambahan kasus. Hari ini dominasi empat kabupaten/kota sangat menyolok. Sekitar 76 persen kasus yang dicatatkan hari ini berasal dari keempatnya.

Denpasar, kembali menjadi yang terbanyak menyumbang kasus harian, dengan jumlah 35 orang.

Baca juga:  Pungut Pajak Rumah Kos, Dewan Badung Minta Kaji Ulang

Di posisi kedua adalah Gianyar dengan 23 kasus baru. Posisi ketiga Badung dengan 22 kasus baru. Sedangkan keempat adalah Tabanan dengan 20 kasus baru.

Lima kabupaten melaporkan kasus di bawah 10 orang. Yaitu Klungkung dan Jembrana sama-sama melaporkan 9 pasien baru, Buleleng 8 orang, Bangli dan Karangasem masing-masing 2 orang.

Kasus sembuh dilaporkan bertambah 90 orang. Sehingga kumulatif pasien sembuh menjadi 7.577 orang.

Dua kabupaten melaporkan nihil tambahan kasus sembuh. Yaitu Jembrana dan Karangasem.

Penyumbang kasus sembuh terbanyak adalah Badung dengan jumlah 37 orang. Kemudian posisi selanjutnya adalah Denpasar yang melaporkan tambahan pasien sembuh sebanyak 17 orang.

Di posisi ketiga adalah Tabanan dengan 15 orang sembuh. Posisi keempat adalah Gianyar dengan 12 kasus sembuh baru.

Sisanya 3 kabupaten melaporkan tambahan pasien sembuh di bawah 5 orang. Rinciannya Buleleng 4 orang, Klungkung 3 orang, dan Bangli 2 orang.

Baca juga:  Spanduk "Tolak Reklamasi Teluk Benoa" Dipasang di Perairan Teluk Benoa

Kasus Aktif

Masih ada kasus aktif sebanyak 1.288 orang. Pemegang posisi pertama adalah Kabupaten Badung yang terus bertambah kasusnya. Jumlah kasus aktifnya sebanyak 427 orang.

Denpasar melorot di posisi ketiga seiring makin tingginya tambahan kasus sembuh. Kasus aktifnya sebanyak 204 orang.

Gianyar ada di posisi kedua dengan kasus aktif 219 orang. Posisi keempat kembali diambil Karangasem dengan jumlah kasus 114 orang. Di posisi kelima Tabanan dengan jumlah 111 orang.

Selain itu, sisa 4 kabupaten, kasus aktifnya masih mencapai puluhan orang. Yakni Jembrana 70 orang, Buleleng 61 orang, Klungkung 49 orang, dan Bangli 32 kasus aktif.

Juga masih ada 1 WNA yang dirawat.

Pasien Meninggal

Baca juga:  Lebih dari 50 Persen Desa/Kelurahan di Karangasem Masuk Zona Hijau COVID-19

Kasus meninggal bertambah sebanyak 6 orang hari ini. Empat kabupaten kembali menambahkan kasus kematian.

Dua kabupaten, yaitu Karangasem dan Gianyar masing-masing bertambah 2 kasus kematian. Sedangkan Denpasar dan Buleleng sama-sama mencatatkan 1 tambahan korban jiwa.

Kumulatifnya berjumlah 284 orang. Rinciannya 282 WNI dan 2 WNA.

Terdapat tiga besar yang paling banyak mencatatkan kasus kematian yaitu Denpasar 51 orang, posisi kedua adalah Gianyar dengan 45 korban jiwa. Posisi ketiga adalah Karangasem yang melaporkan 42 korban jiwa.

Kemudian Buleleng di posisi keempat melaporkan 40 korban jiwa.

Badung ada di posisi kelima dengan jumlah 35 korban jiwa. Kemudian Bangli melaporkan 28 orang meninggal.

Tabanan melaporkan 25 korban jiwa COVID-19. Klungkung 10 pasien COVID-19 meninggal. Di posisi terakhir adalah Jembrana yang melaporkan 6 korban jiwa. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *