Warga Binaan Perlu Layanan Optimal

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat COVID-19 ini seluruh warga binaan butuh pelayanan yang optimal. Perhatian yang besar dari semua pegawai lembaga pemasyarakan (Lapas) sangat mereka butuhkan, apalagi aturan kepada mereka semakin ketat. Untuk itu layanilah mereka sebaik mungkin karena aktivitas itu sangat mulia.

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menyampaikan hal itu saat Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja, Bali, Mut Zaini dan pejabat utamanya pada Kamis (24/9) di kantornya Jl Veteran No 18 Singaraja.

Dr Aqua meminta kepada seluruh pejabat di Lapas dan jajarannya agar melayani dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. “Seluruh warga binaan adalah saudara kita. Mereka masuk Lapas dalam kondisi susah. Mari kita ringankan beban mereka dengan memberikan layanan terbaik ke mereka. Lakukanlah secara tulus dan ikhlas serta konsisten,” pesan Dr Aqua.

Baca juga:  Grand Istana Rama Hotel akan Gelar Pameran Buku

Saat pandemi COVID-19 ini, lanjut anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia itu, aturan-aturan yang diterapakan ke warga binaan semakin ketat. Informasikan bahwa itu untuk kepentingan mereka sebagai antisipasi agar tidak terkena COVID-19.

Dr Aqua melanjutkan semua warga binaan yang masuk ke Lapas Singaraja dalam kondisi bermasalah. Jadikanlah mereka sebagai keluarga dan layani dengan sebaik-baiknya agar mereka betah selama di Lapas Singaraja.

“Ketika masuk ke Lapas Singaraja mereka dalam kondisi “hitam” karena berbagai masalah. Selama di sini proses jadi “abu-abu”. Setelah di luar agar kembali “putih”. Semua petugas Lapas turut menentukan keberhasilan pembinaan mereka,” ujar Dr Aqua.

Baca juga:  Makanan TMK Makin Marak, Masyarakat Harus Diedukasi

Menurut penulis buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” itu bersyukur dan berbahagialah semua pegawai di Lapas Singaraja karena bisa melayani mereka. Pekerjaan itu mulia sekali.

Menjadi pelayan semua warga binaan, tambah Dr Aqua merupakan pekerjaan yang sangat terhormat. Tidak banyak orang yang mendapat kesempatan itu, sehingga optimallah dalam bekerja.

Sementara Zaini menyatakan senang sekali dengan kedatangan motivator terkenal itu sehingga langsung “menodong” Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi.

“Kedatangan Pak Aqua ke sini merupakan berkah buat kita semua. Saya sama sekali tidak menyangka beliau berkenan datang. Kehadirannya tidak saya sia-siakan. Meski sebentar saya mohon Pak Aqua berkenan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan kami,” ujar Zaini.

Baca juga:  Jumlah Kematian COVID-19 di Spanyol Naik hingga 1.300 Kasus

 

Saat ini di Lapas Singaraja ada 219 orang warga binaan. Mereka dilayani 80 karyawan. Pejabat utama yang mendampingi Zaini adalah Kasi Adminkamtib I Ketut Arcana, Kasi Binapigiatja I Nyoman Sukendra, Kepala KPLP I Nyoman Ladra, Kasubsi Keamanan I Nyoman Suarsana, Kaur Kepegawain dan Keuangan I Komang Wiranata, Kasubsi Pelaporan dan Tatib I Nyoman Dita, Kaur Umum Gusti Kadek Agus Pebriyana, Kasubsi Kegiatan Kerja I Ketut Suryawan, dan Kasubsi Administrasi Made Sukiadnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.