Petugas medis mengenakan pakaian steril saat akan memasuki Labotarium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta, Selasa (11/2/2020). (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Enam pasien positif COVID-19 di Bali yang baru diumumkan pusat, Rabu (1/4), ternyata sudah ada yang dinyatakan sembuh versi Satgas Penanggulangan COVID-19 Bali. Jumlahnya, kata Kepala Satgas Penanggulangan COVID-19 Bali, Dewa Made Indra, mencapai dua orang.

Ia mengatakan hal itu pada saat video conference., Rabu sore. Disebutkannya ada 6 orang yang dinyatakan sembuh, 2 orang berasal diantaranya termasuk dalam 6 orang positif COVID-19 yang baru diumumkan tersebut. “Sebab, 2 orang tersebut telah dirawat di rumah sakit. Hasil swabnya pun diumumkan secara bersamaan setelah melewati 2 kali uji laboratorium,” ujarnya.

Baca juga:  Pria 70 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk di Pinggir Sungai

Karena sembuh 2 orang, lanjutnya, yang positif ini tinggal 4 orang. “Kenapa diumumkan bersamaan, antara positif dan sembuhnya, karena dia dirawat di rumah sakit, meskipun dia positif tapi fisiknya sehat,” paparnya.

Setelah beberapa hari dirawat, ungkapnya lagi, baru keluar hasil laboratoriumnya yang menyatakan positif. “Tetapi pada saat yang sama, karena kondisi fisiknya sehat hasilnya negatif setelah 2 kali dilakukan cek laboratorium,” tambahnya.

Adanya PDP yang sembuh tersebut, ujar Dewa Indra, membuktikan bahwa keyakinan dan kepercayaan kepada masyarakat bahwa COVID-19 ini bisa disembuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan kedisiplinan dalam menjaga kesehatan dan disiplin menjalani karantina. Sebab, kedisiplinan adalah kunci untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 tersebut. (Winatha/balipost)d

BAGIKAN