Pohon tumbang merusak bangunan bale di Pura Penataran, Jehem. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Dua bangunan bale di Pura Penataran, Dusun Pasekan, Desa Jehem, Tembuku rusak parah akibat tertimpa pohon. Musibah yang terjadi, Minggu (13/9) mengakibatkan pihak pengempon pura setempat mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Kejadian pohon tumbang yang menimpa bangunan pura itu pertamakali diketahui terjadi sekitar pukul 07.45 WITA oleh Kadus Pasekan, I Nyoman Suara (45) dan warga I Nyoman Kartika (50). Kedua saksi saat itu mendengar suara gemuruh dari rumahnya.

Baca juga:  Kunjungi Abuan, Ini Permintaan Gubernur Koster

Seketika itu keduanya langsung ke luar rumah untuk mengecek situasi di Pura Penataran. Sesampainya di Pura, keduanya mendapati dua bangunan yakni Bale gong di sebelah selatan dan Bale Pesamuan di sebelah barat sudah hancur akibat tertimpa Pohon Pule berukuran besar yang tumbang.

Kasubag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi dikonfirmasi terkait kejadian itu mengatakan, setelah menerima laporan kejadian itu anggota Polsek Tembuku langsung turun ke lokasi untuk melakukan olah TKP. Diduga tumbangnya pohon pule berukuran besar itu disebabkan karena kondisinya yang sudah lapuk.

Baca juga:  Pelanggaran Rambu Parkir di Bangli Tinggi, Polres Lakukan Ini untuk Penertiban

Kadus Pasekan I Nyoman Suara dihubungi terpisah mengatakan bahwa pura Penataan diempon oleh Banjar Adat Pasekan. Pohon pule yang tumbang dan menimpa dua bangunan di pura Penataran itu tumbuh di luar areal pura. Akibat kejadian itu kerugian ditaksir mencapai Rp 700 juta.

Pasca kejadian, warga setempat melakukan gotong royong untuk membersihkan batang pohon yang tumbang. “Tadi sudah dilaksanakan upacara matur piuning. Rencananya saat Galungan nanti akan dilaksanakan upacara durmegala,” ujarnya.

Baca juga:  Jalan Licin Akibat Gerimis di Desa Undisan Makan Korban

Pihaknya sangat berharap perbaikan dua bangunan yang rusak itu nantinya dapat dibantu pemerintah. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.