Camat Banjarangkan (kanan) saat menjalani proses pelantikan sebagai kepala dinas. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melantik tiga orang pejabat pimpinan tinggi pratama (setara eselon IIb) di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Jumat (11/9). Mereka dilantik setelah lolos tiga besar dalam proses seleksi dan hasilnya telah diumumkan pada pertengahan Agustus lalu. Dari tiga pejabat yang dilantik menjadi kepala dinas, dua di antaranya naik dari jabatan sebelumnya sebagai camat.

Tiga pejabat yang dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Klungkung Nomor 821/338/BKPSDM/2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung. Mereka masing-masing Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana, Sekretaris pada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, dilantik menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Klungkung.

Baca juga:  Satpol PP Telusuri Dugaan Gepeng Terorganisir di Ubud

Sementara dua camat yang dimaksud, adalah Camat Dawan A.A Gede Putra Wedana dilantik menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya dilantik menjadi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung.

Khusus untuk Camat Banjarangkan, pilihan Bupati Suwirta cukup menjadi kejutan. Karena Mahajaya sendiri dalam proses seleksi jabatan tinggi pratama, hanya menempati posisi kedua di bawah pejabat lainnya, yang menjadi peserta seleksi. Yakni I Dewa Ketut Sueta Negara.

Baca juga:  Rakor, Ini Permintaan Bupati Suwirta ke KPD

Saat seleksi, Sueta Negara memperoleh nilai 79,40. Sedangkan Mahajaya mendapat nilai 79,14. Tetapi, Bupati Suwirta sejak awal bahwa peringkat teratas saat seleksi tak jadi jaminan lolos menjadi kepala dinas. Karena yang diprioritaskan adalah pengalaman menangani masalah di lapangan.

Bupati Suwirta mengatakan menjadi seorang kepala dinas harus mampu mengetahui apa yang ada di unit kerja dan mampu berpikir bijak sesuai tupoksi yang ada di masing-masing jabatan. Para pejabat yang baru dilantik diingatkan untuk tidak semena-sema terhadap bawahan hanya untuk menutupi ketidaktahuan diri sendiri. “Jangan sampai semena-mena terhadap bawahan hanya untuk menutupi ketidaktahuan diri sendiri,” pinta Bupati Suwirta kepada para Pejabat yang baru dilantik.

Baca juga:  Sekda Gianyar Kini Dijabat Kadek Wisnu Wijaya

Selain itu, menjadi Kepala Dinas juga harus mampu menguasai konsep motivasi dan konsep presentasi. Kadis juga harus menguasai konsep negosiasi anggaran, dalam artian mampu memperjuangkan anggaran untuk program dimasing-masing dinas. Jangan hanya menerima pagu saja. Konsep berikutnya usai pelantikan adalah melakukan koordinasi untuk keberhasilan pembangunan.

Turut hadir Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Para Asisten Pemkab Klungkung dan Kepala BKPSDM, Komang Susana. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.