Jasa angkutan penyeberangan kapal cepat (fastboat) di dermaga rakyat Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem beroperasi kembali melayani wisatawan. (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pasca diberlakukannya tatatan era baru atau new normal, perlahan mulai ada wisatawan yang mulai ada wisatawan yang menyeberang ke Nusa Penida dan Gili Trawangan Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka menyeberang menggunakan jasa angkutan penyeberangan kapal cepat (fastboat) di dermaga rakyat Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Hanya saja jumlahnya tidak terlalu banyak seperti sebelum pandemi melanda. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Kamis (10/9), mengungkapkan saat ini perlahan mulai menerima penumpang.

Baca juga:  Karena Ini, Tetangga Kos Ditangkap

Meski jumlahnya tidak begitu banyak seperti sebelum pandemi, namun ada saja wisatawan yang bepergian menuju Nusa Penida dan Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB.

“Penyeberangan mulai dibuka Juli lalu. Jumlah penumpang fluktuasi, rata-rata 50-30 orang. Beberapa hari terakhir sampai 30 penumpang berangkat setiap pukul 09.00 WITA. Ini masih minim jumlahnya dihitung per hari,” ucapnya.

Suyasmin menambahkan, wisatawan yang menyeberang itu merupakan warga lokal hingga wisman yang masih tinggal di Bali. Ada juga wisatawan nusantara. “Dengan dibukanya kunjungan nusantara, kini aktivitas penyeberangan di dermaga rakyat kembali hidup,” katanya.

Baca juga:  Kunjungan Wisatawan Turun, Tingkat Pemakaian Listrik di Nusa Penida Tetap Tinggi

Dia menjelaskan, guna mengantisipasi penyebaran COVID-19, pemeriksaan kesehatan calon penumpang tetap dilakukan. Yakni Pemeriksaan suhu tubuh dan penumpang diminta menunjukkan surat bukti hasil pemeriksaan rapid test nonreaktif.

Nakhoda dan awak kapal juga selalu diperiksa. “Semua penumpangan non reaktif baru diperbolehkan berangkat,” tegas Suyasmin. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.