Atlet Muaythai Gianyar. (BP/Ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – KONI Kabupaten Gianyar berniat menyelenggarakan Piala Bupati 2021, bertajuk ‘Kejuaraan Antar Sang Juara’. Event bergengsi ini hanya melibatkan peraih medali pada Porprov Bali di Tabanan 2019 lalu. Caranya, seluruh cabor menggelar kejuaraan berbarengan, dengan memakai venue yang tersebar di wilayah Kabupaten Gianyar.

Ketua Harian KONI Gianyar, Wayan Rutawan, di Gianyar, Minggu (6/9) menerangkan, jajaran pengurus KONI Gianyar telah menggelar rapat di sekretariat KONI Gianyar, pada Kamis (3/9). Alhasil, KONI Gianyar yang membawahi 41 cabor, seluruh pengkab cabor diharapkan menyerahkan proposal kejuaraan, paling lambat Desember. “Kami akan mempelajari proposal, berikut rencana anggaran yang diajukan,” ungkap Rutawan.

Baca juga:  Benturan Popnas, Renang Porprov Usul Dimajukan

Yang jelas, kata dia, Bupati Gianyar telah siap mengucurkan dana demi kemajuan prestasi olahraga di Gianyar. Kontingen Gianyar sendiri akan menurunkan atlet yang masuk dalam program Pusat Latihan Atlet Gianyar (Puslag). “Kami ingin menguji atlet Puslag selama menjalani latihan, kemudian mengukur prestasi mereka pada ajang Kejuaraan Antar Sang Juara,” terang Rutawan.

Ia mencontohkan, untuk cabor beladiri, seandainya pada Porprov Bali di Tabanan, dalam satu kelas terdapat juara I mendulang emas, kemudian juara II meraih perak, serta juara III bersama menyumbang perunggu, maka dalam tiap kelas cukup melibatkan empat atlet. “Kami fokus mengukur kemampuan prestasi atlet Puslag. Selanjutnya, hasil kejuaraan antar sang juara ini dipakai barometer, sekaligus evaluasi selama menjalani latihan sebelum berlaga pada Porprov Bali di Badung 2022,” jelasnya.

Baca juga:  Proyek Stadion Mengwi Ditunda

Menurut dia, event ini digelar berbarengan seluruh cabor, dan tuan rumah Gianyar menyiapkan venue. “Saya kira kejuaraan di Gianyar bisa diikuti seluruh kabupaten dan kota di Bali. Hanya, dua kabupaten yang jaraknya agak jauh yakni Buleleng dan Jembrana, sehingga atlet daerah lain usai bertanding langsung bisa pulang ke rumah,” ucap dia.

Tuan rumah Gianyar memiliki cabor andalan seperti biliar, binaraga, cricket, tarung derajat, silat, kempo, rugby, dan muay thai. Ia berharap, situasi new normal ini berangsur-angsur pulih hingga menuju suasana benar-benar normal kembali, dan bebas dari wabah virus corona. “Bupati Gianyar mendukung kejuaraan antar sang juara ini, dan mudah-mudahan situasi normal pada tahun 2021, sehingga event ini bisa terwujud,” tuturnya. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.