Bupati Suwirta saat di lokasi pembangunan stage di Ceningan. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Panggung terbuka atau stage akhirnya terealisasi tahun ini. Anggaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini nyaris direfocusing gara-gara pandemi COVID-19. Namun, anggaran dari DAK itu akhirnya dikembalikan untuk direalisasikan pembangunannya tahun ini di Pulau Nusa Ceningan.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ketua DPRD Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Anom secara resmi meletakkan batu pertama atau ground breaking pembangunan Panggung Terbuka (Stage) Ceningan, di Pulau Nusa Ceningan, Rabu (2/9). Panggung terbuka ini dibangun dengan anggaran Rp 1,9 miliar lebih yang dikerjakan oleh CV. Cahya Pramana Arta dengan kontrak kerja selama 100 hari kalender dan kontraktor pengawas dimenangkan oleh CV. Jaya Desain.

Baca juga:  Lagi! Bali Catatkan Jumlah Pasien Sembuh Lebih Banyak dari Tambahan Positif COVID-19

“Sebelumnya sempat tertunda karena refocusing anggaran dan syukurnya dikembalikan lagi untuk pembangunan panggung terbuka Ceningan ini,” imbuh Bupati Suwirta.

Panggung Terbuka Ceningan ini berlokasi di sebelah selatan jembatan kuning yang menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Nusa Ceningan dengan luas bangunan 688 m2 yang berdiri di tanah seluas 6,9 are. Bupati Suwirta mengatakan, pembangunan panggung terbuka ini menjadi pendukung pariwisata yang ada di Nusa Penida.

Baca juga:  Bayi Kembar Empat, Persalinan Dibantu 11 Dokter

Ini nantinya menjadi tempat untuk menampilkan atraksi-atraksi seni dan budaya. “Panggung ini nantinya sebagai pelengkap pariwisata yang ada di Nusa Penida dengan menyediakan garapan seni tradisional maupun kontemporer yang diciptakan oleh para seniman yang ada disini (Nusa Penida),” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menjelaskan, pembangunan panggung terbuka ini dibuat dengan harapan wisatawan yang datang ke Nusa Penida kembali mengalami peningkatan setelah mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga:  Dikeluhkan, Disdukcapil Gianyar Stop Perekaman E-KTP

“Begitu selesai panggung ini dibangun, masyarakat bisa memanfaatkan sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan baik kelompok seni maupun masyarakat pada umumnya,” jelas Bupati Suwirta seraya meminta kepada perbekel untuk menyiapkan kelompok-kelompok seni. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.