Bupati Suwirta saat menerima piagam penghargaan dari BPS. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klungkung berkat partisipasi masyarakat Klungkung pada Sensus Penduduk Online yang mencapai 51,57% yakni sebanyak 92.790 jiwa. Ini merupakan capaian tertinggi kedua di Bali dibandingkan kabupaten/ kota lainnya.

Piagam diserahkan oleh Kepala Badan Pusat Statistic Kabupaten Klungkung Ir. A.A.A Raka Suarningsih, di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung disaksikan Kadiskominfo Wayan Parna dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ketut Suadnyana, Rabu (5/8). Dalam laporannya Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Klungkung Ir. A.A.A Raka Suarningsih, mengatakan, Sensus Penduduk Online yang semula dijadwalkan berlangsung selama 46 hari, dari tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020.

Baca juga:  Memanah Ikan, Wisatawan Asing Hilang

Namun karena pandemi COVID-19 dan arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing, maka jadwal pelaksanaan SP Online diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat Klungkung karena partiasipasi pada SP Online telah mencapai 51,57% atau sebanyak 92.790 jiwa, dimana capaian ini merupakan tertinggi kedua di Bali.

Ke depan, bagi masyarakat yang belum berpartisipasi, akan dilakukan kegiatan pendataan sensus penduduk pada bulan September 2020 melalui mekanisme pendataan ke lapangan. Ir. A.A.A Raka Suarningsih memohon ijin dukungan Pemkab Klungkung dalam pendataan sensus penduduk dilapangan dengan memanfaatkan para Yowana Gema Santi.

Baca juga:  BRI Life Raih Indonesia Trusted Companies

Menanggapi permohonan tersebut, Bupati Suwirta mempersilahkan BPS bekerja sama denga para Yowana Gema Santi dalam melakukan pendataan di lapangan. Dirinya mengaku Pemkab Klungkung berkomitmen akan senantiasa siap membantu dan mendukung program sensus penduduk agar berlangsung sukses.

Terkait capaian penghargaan ini, Bupati Nyoman Suwirta menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Klungkung dan BPS. Menurutnya angka 51,75% masih bisa digenjot lagi mengingat sebagian besar penduduk sudah memiliki smartphone dan wiliayah Klungkung yang tidak begitu luas dibanding daerah lain. “Dengan penghargaan ini mari kita lebih semangat bekerja, karena angka 51,57% masih bisa ditingkatkan lagi,” ujar Bupati Suwirta. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.