PVMBG membangun Gedung Information Center di Rendang. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus berupaya memberikan informasi terbaik terkait perkembangan aktivitas Gunung Agung kepada masyarakat. Jika sebelumnya PVMBG telah membangun pos pengamatan, kini PVMBG kembali membangun gedung pusat informasi atau information center di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem.

Pembangunan dilakukan, ssbagai upaya untuk memberikan kenyamanan informasi kepada seluruh masyarakat. Kepala Pos Pemantauan Gunung Agung di Desa Rendang, I Dewa Made Mertayasa, mengatakan, pembangunan gedung information center ini mulai dilakukan pada Agustus 2019. Rampung dikerjakan Desember 2019. “Pembangunan dilakukan karena gedung sebelumnya kecil hanya satu lantai. Tapi, gedung yang baru ini dibangun dengan dua lantai,”ucap Mertayasa.

Baca juga:  Mengular Capai 4 Kilometer, Umat Ikuti Melasti Panca Wali Krama Besakih

Mertayasa mengatakan, nantinya gedung yang dibangun, diperuntukkan untuk pusat informasi terkait aktivitas Gunung Agung. Jadi, masyatakat yang berkunjung ke pos pemantauan ini, tidak perlu lagi masuk ke gedung pengamatan dan cukup mencari informasi di gedung tersebut.

“Selama ini, banyak pengunjung yang ingin mengetahui perkembangan aktivitas Gunung Agung masuk ke ruang pemantauan. Tapi, dengan dibangunnya pusat informasi ini, nanti masyarakat tinggal melihatnya di sana,” katanya.

Baca juga:  Piodalan di Pura Pasar Agung, “Pemedek” Diminta Tetap Waspada

Dia menjelaskan, untuk saat ini fasilitas pendukung memang masih belum ada. Jelas Dewa Mertayasa, rencananya tahun ini akan dilengkapi sarana dan prasarana penunjangnya. “Nanti ada panel-panelnya disana. Tapi sekatang belum ada. Untuk pengadaan sarana pendukungnya saya kurang tahu pasti kapan. Yang jelas akan dilengkapi tahun ini,” tegasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.