Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini saat memantau anak buahnya mengikuti pelatihan SAR pada Selasa (4/8). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Polres Karangasem melaksanakan pelatihan SAR bagi anggotanya yang dilaksanakan di halaman Kantor Polres, pada Selasa (4/8). Pelatihan itu dilakukan sebagai upaya untuk persiapan pengamanan saat perhelatan Pilkada 9 Desember mendatang.

Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini, mengungkapkan, dalam pelaksanaan pelatihan SAR kepada personil Polres Karangasem, pihaknya bekerjasama dengan Polda Bali. “Dalam pelatihan ini ada puluhan personil yang terlibat,” ucapnya.

Baca juga:  Kapolres Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

AKBP Suartini menambahkan, pelatihan ini dilakukan sebagai upaya untuk menghadapi pelaksaan Pilkada pada 9 Desember mendatang. Kata dia, pelatihan SAR ini memang sangat penting diberikan kepada anggota. Sebab, bila nantinya ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dilapangan saat melakukan pengamanan dilapangan, maka mereka sudah siap untuk melakukan penangan dan evakuasi.

“Dengan adanya pelatihan seperti ini, maka personil sudah tahu cara evakuasi yang benar, sehingga menangan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Jangan sampai ada kesalahan dalam penanganan dilapangan,” jelas Suartini.

Baca juga:  Nusa Dua Cultural Run Berlari Sambil Wisata

Dia menjelaskan, selain untuk persiapan jelang Pilkada nanti, pelatihan SAR ini juga sebagai upaya personil untuk menghadapi bencana alam di lapangan, seperti tanah longsor dan pohon tumbang. Sebab, di wilayah Kabupaten Karangasem potensi bencana tanah longsor dan pohon tumbang cukup tinggi.

“Saat ini cuaca mulai ekstrim. Sudah mulai terjadi bencana tanah longsor dan pohon tumbang, termasuk bencana yang lainnya. Jadi, bencana yang terjadi memang membutuhkan pelatihan SAR. Sehingga, saat melakukan evakuasi, para personil sudah memiliki kemapuan SAR didalamnya,” Tegas Suartini. (Eka Prananda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.