Karya Padudusan di Pura Pusering Jagat berlangsung Khidmat di tengah pandemi Covid-19. (BP/Ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pandemi Covid-19 berdampak pula terhadap pelaksanaan karya padudusan di Pura Pusering Jagat, Pejeng. Seperti terlihat saat puncak karya padudusan, Senin (3/8) pagi, hanya ada krama satu banjar yang maturan, yakni krama Banjar Intaran. Meski begitu, seluruh prosesi upacara pada puncak karya yang dipuput Ida Pedanda Geriya Sanding Anyar ini berlangsung lancar dan khidmat.

Tampak hadir saat puncak karya ini Kepala Biro Perkonomian dan Administrasi Pembangunan (Karo Ekbang) Setda Provinsi Bali Tjok. Bagus Pemayun, serta sejumlah pejabat lainnya. Para pejabat tersebut melakukan persembahyangan bersama-sama seluruh pemedek, dengan tetap menjaga jarak duduk di antara tanda silang (X) yang ada di nataran pura.

Baca juga:  Masuk KRB 1, Warga Kubu Masih Beraktivitas

Bendesa Adat Jero Kuta Pejeng, Cokorda Putra Pemayun menjelaskan, ada beberapa ritual yang biasanya dilaksanakan setiap karya padudusan kali ini dilaksanakan secara ngubeng. Namun ritual mapekelem di pelinggih Telaga Maya tetap dilaksanakan seusai puncak karya padudusan.

Pantauan di lapangan, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya suasana saat puncak karya ini bisa dibilang agak lengang. Sepinya pemedek saat puncak karya ini dikarenakan prajuru telah mengatur jadwal maturan krama setiap banjar se-Jero Kuta Pejeng. Misalnya, krama Banjar Intaran maturan pada saat puncak karya ini, sedangkan krama Banjar Guliang maturan saat Umanis Karya (Selasa, 4 Agustus 2020). Pada pahing karya (Rabu 5 Agustus 2020) yang mendapat giliran maturan adalah krama Banjar Puseh.

Baca juga:  Antisipasi Pohon Tumbang, DLHK Intensifkan Perompesan

Sedangkan krama Banjar Pande maturan pada pon karya bersamaan ritual nyineb (Kamis, 6 Agustus 2020). ”Semua itu untuk mengurangi kerumunan warga sesuai protokol kesehatan,” ucap Bendesa Adat Jero Kuta Pejeng, Cokorda Putra Pemayun.

Untuk menerapkan protokol kesehatan selama karya padudusan ini pihak Prajuru Desa Adat Jero Kuta Pejeng menugaskan sejumlah pecalang dan Satgas Covid-19 dibantu mahasiswa KKN Unud berjaga-jaga di pemedal utara Pura Pusering Jagat. Begitu masuk, para pemedek langsung diperiksa suhu tubuhnya serta disarankan mencuci tangan di tempat yang tersedia. Penerapan protokol kesehatan tersebut memang sempat menyebabkan antrian pemedek, namun tidak berlangsung lama. Seluruh pemedek juga tampak taat menggunakan masker. (kmb/Balipost)

Baca juga:  Ekosistem Pendidikan Pascapandemi
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *