KULONPROGO, BALIPOST.com – Menjelang hari raya Idul Adha, PT Angkasa Pura I mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo hingga 31 persen jika dibanding hari biasanya. Menurut Airport Planning, Safety Health Environment, Quality & Risk Management Senior Manager, Bambang Triyono, pada 29 Juli ada sebanyak 3.649 penumpang yang menggunakan jasa bandara.

Rinciannya, 2.247 penumpang yang datang dan 1.402 penumpang yang berangkat. Jumlah penumpang tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 31 persen apabila dibandingkan dengan rata-rata trafik penumpang per harinya yaitu 2.785 penumpang.

Baca juga:  Tambahan Pasien COVID-19 Lampaui 2.000 Orang, Provinsi Ini Masih Sumbang Kasus Terbanyak

Untuk rute pilihan terbanyak yang saat ini beroperasi adalah rute dari dan menuju Cengkareng, Jakarta. Pada Juli, terdapat 342 pergerakan pesawat untuk rute Jakarta. Pilihan rute terbanyak kedua adalah Balikpapan dengan 172 pergerakan dan disusul rute Banjarmasin sebanyak 118 pergerakan.

Peningkatan jumlah penumpang di Bandara YIA, kata Bambang, mulai terjadi sejak diberlakukannya Surat Edaran Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19. Selain itu, juga adanya libur Idul Adha yang jatuh pada akhir pekan.

Baca juga:  Stok Blanko E-KTP Cukup sampai 2 Tahun ke Depan

Selama Juli, hingga 29 Juli 2020, terdapat peningkatan penumpang sebesar 87 persen dengan total 80.772 penumpang. Terdiri dari penumpang yang berangkat sebanyak 35.273 orang dan kedatangan sebanyak 45.499 penumpang. (Rida Junyanto/Jogja TV)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.