Bupati I Nyoman Giri Prasta saat menyerahkan benih padi inbrida dan bibit sayur untuk subak se-Kabupaten Badung di Ruang Kerta Gosana, Puspem Badung, Kamis (23/7). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pandemi COVID-19 berimbas pada perekonomian masyarakat secara menyeluruh baik di Kabupaten Badung maupun di tingkat nasional. Untuk menumbuhkembangkan kembali perekonomian masyarakat, secara berangsur dan bertahap, Pemerintah Kabupaten Badung mengeluarkan kebijakan, salah satunya mengajak masyarakat turut serta menjaga ketahanan pangan di tengah pandemik melalui penyerahan benih padi inbrida dan bibit sayur untuk subak se-Kabupaten Badung.

Bantuan benih padi inbrida dan bibit sayur diserahkan secara simbolis oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Badung Putu Parwata dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa kepada para majelis alit perwakilan petani dari masing-masing kecamatan, perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kabupaten Badung serta kepada kelompok tani Crew Jimbaran bertempat di Ruang Kerta Gosana, Puspem Badung, Kamis (23/7).

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada petani di Kabupaten Badung karena di tengah pandemi Covid-19 yang sempat melumpuhkan perekonomian masyarakat dunia, petani telah ikut mendukung dan menjaga stabilitas ketahanan pangan masyarakat. “Untuk itu, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya dapat menyerahkan secara langsung benih-benih Padi Inbrida dan bibit sayur kepada masyarakat petani. Saya harap melalui pemberian benih padi dan bibit sayur ini dapat membangkitkan dan menggerakkan kembali sektor pertanian di Kabupaten Badung,” katanya.

Baca juga:  Terkait TPA Suwung, Bupati Giri Prasta Koordinasi dengan Wali Kota Rai Mantra

Menurut Giri Prasta, tiga potensi ekonomi yang menjadi unggulan di Kabupaten Badung yakni pariwisata, industri kerajinan dan pertanian tanaman pangan, merupakan sektor yang amat penting dan strategis dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan sehingga mendapat perhatian yang serius dari Pemerintah Kabupaten Badung. Demikian pula dalam mewujudkan pertanian kontemporer, sektor pertanian dikolaborasikan dengan sektor pariwisata untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Untuk mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan maka pembangunan sektor pertanian harus tetap dijaga kelestariannya karena dipandang selaras dengan perwujudan nawacita Presiden Jokowi, yakni mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Realisasikan Pembangunan 2.000 Rumah Sehat Layak Huni, Buleleng Perdana Dapat 450 Unit

“Pada kesempatan yang baik ini pula kami atas nama pemerintah dan masyarakat Badung menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo atas bantuan yang diberikan untuk membangun irigasi di Kabupaten Badung melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Adapun bantuan untuk irigasi tersebut diberikan kepada 41 kelompok tani di Kabupaten Badung dengan nilai Rp 195 juta per kelompok,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana melaporkan, penggunaan benih unggul dan bermutu telah terbukti dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan. Untuk itu, Pemkab Badung memberikan bantuan benih padi unggul yang menyasar areal seluas 9.587 hektar untuk musim tanam September-Desember 2020.

Penggunaan benih padi 25 kg per hektar sehingga bantuan yang diberikan sebanyak 239.678 kg. “Bantuan benih Padi Inbrida dan bibit sayur ini berasal dari APBD Badung tahun 2020. Saya harapkan masyarakat petani menggunakannya dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca juga:  Residivis Ditangkap, Gelapkan Bebek Hingga Motor

Majelis Madya Subak Kabupaten Badung Wayan Suka menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung, karena di tengah pandemi COVID-19, petani diberikan bantuan berupa benih padi dan bibit sayur. “Ini sebagai wujud perhatian serius Pemkab Badung di bawah kepemimpinan Bapak Bupati beserta jajaran terkait akan keberadaan masyarakat petani. Semoga berkat perhatian konsisten yang diberikan oleh Pemkab Badung kepada petani, akan menimbulkan kebanggaan masyarakat untuk menggeluti sektor pertanian,” ungkapnya.

Acara turut dihadiri Wakil Ketua Komisi II DPRD Badung Nyoman Dirgayusa, Kepala Cabang PT Pertani Perwakilan Bali, Kepala OPD terkait, Camat se-Kabupaten Badung, pekaseh subak yeh se-Kabupaten Badung serta perwakilan KWT Kabupaten Badung. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.