Bupati Suwirta saat turun ke lokasi KUD, untuk menggenjot inovasi BIMA JUARA. (BP/Adv)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati  Klungkung I Nyoman Suwirta, memberikan perhatian khusus pada setiap KUD di Klungkung. Pertama, didampingi Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Klungkung Wayan Ardiasa, Suwirta melakukan kunjungan ke KUD Panca Satya Desa Dawan pada (13/7).

Kedua, Pada Selasa (14/7), Bupati Suwirta didampingi Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Klungkung Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana kembali melakukan kunjungan ke beberapa KUD.

Kunjungan ini dalam kaitan untuk memantau dan meningkatkan pelaksanaan Program Inovasi Pemkab Klungkung BIMA JUARA (Beli Mahal Jual Murah) yang dilaksanakan oleh KUD yang ditunjuk pemerintah. Dari program inovasi tersebut, KUD ditugaskan untuk membeli gabah petani dengan harga lebih tinggi, dan menjual beras lebih murah daripada harga pasar.

Baca juga:  Tagihan Membengkak, PLN Diminta Cek Ulang Penggunaan Listrik di Kios Pedagang Pasar Galiran

Adapun KUD yang dikunjungi antara lain KUD Panca Satya Desa Dawan, KUD Jaya Werdhi Desa Takmung dan KUD Artha Wiguna Desa Gelgel.

Dalam Kunjungannya tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan dia ingin terus melakukan evaluasi, setelah selama 2 tahun program inovasi berjalan hingga pernah memperoleh penghargaan pemerintah pusat. Sebab, program ini sejalan dengan program pemerintah pusat, yakni terkait bagaimana cara pemerintah daerah menjaga kedaulatan pangan di daerahnya sendiri.

Baca juga:  Infrastruktur "Shortcut"

Bupati Suwirta memberikan motivasi kepada Pengurus KUD Sedana Rata Desa Bakas dan KUD Sri Sedana Desa Aan, agar dapat berperan aktif dalam menyerap gabah petani. Ini sebagai bentuk membantu menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung. “Pemkab Klungkung akan terus memberdayakan KUD untuk menjaga ketahanan pangan. Ke depan, KUD akan dibantu Dryer dan RMU untuk membantu memberdayakan petani,” ujar Bupati Suwirta.

Pemberian bantuan RMU (Rice Milling Unit) dan Dryer ini kepada KUD bertujuan agar gabah petani tetap dapat diserap dan mencegah kerusakan pada gabah petani akibat musim hujan. “Semoga dengan bantuan yang diberikan dapat menciptakan kesejahteraan bagi para Petani,” imbuh Bupati Suwirta.

Baca juga:  Ini, Wilayah Paling Rawan Narkoba di Bali

Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida dan instansi terkait lainnya, menyatakan siap menjalankan seluruh instruksi Bupati Suwirta. Upaya-upaya ini untuk terus meningkatkan peran inovasi BIMA JUARA ini, agar semakin efektif membantu petani dalam mengambil hasil produksi gabahnya. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.