Ilustrasi. (BP/Suarsana)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Badung kembali menyiapkan pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kedua. Sebelumnya, pemkab setempat telah mencairkan bantuan tahap pertama.

Kabarnya, bantuan pusat tersebut akan disalurkan Juli ini dengan jumlah penerima sebanyak 4638 Kepala Keluarga (KK). Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Badung, Komang Budi Argawa mengatakan, untuk penyaluran tahap pertama sudah terlaksana yakni dana sudah tersalurkan selama tiga bulan sebesar Rp 8,3 miliar lebih.

Baca juga:  Di Badung, Kerugian Dampak Gempa Capai Rp 15 Miliar

Dari data realisasi penyaluran BLT- DD, terang mantan Kabag Hukum Setkab Badung ini di Kecamatan Mengwi sebanyak 1.514 KK, di Kecamatan Abiansemal sebanyak 1.397 KK, di Kecamatan Petang 937 KK, di Kuta Selatan sebanyak 424 KK dan Kuta Utara 374 KK dengan total penyaluran bantuan sebanyak Rp 8,3 miliar lebih selama tiga bulan.

“Mereka yang mendapat bantuan ini setiap bulan per KK memeroleh dana sebesar Rp. 600 ribu perbulan dan diberikan selama tiga bulan yakni bulan April, Mei dan Juni,” kata Budi Argawa, Selasa (7/7).

Baca juga:  Sejak Awal 2019, TKK Badung Belum Gajian

Menurutnya, untuk tahap dua diberikan bulan Juli, Agustus dan September 2020. Untuk BLT Dana Desa tahap dua hanya diberikan Rp 300 ribu selama tiga bulan. “Ini sesuai aturan pemerintah pusat,” ucapnya.

Pihak Desa juga akan kembali melakukan verifikasi untuk tahap kedua ini kemungkinan data penerima bisa berubah. “Yang pasti jumlah orang yang menerima tidak bertambah, tapi mungkin saja KK penerimanya bisa jumlahnya turun, karena ada yang meninggal atau factor lainnya,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.