Proses evakuasi kendaraan dari KMP Dharma Rucitra III. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Setelah sepekan lebih, akhirnya proses evakuasi kendaraan yang terjebak di dalam KMP Dharma Rucitra III di Dermaga II Pelabuhan Padangbai telah selesai dilakukan pada Selasa (30/6). Kepala Kantor KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Rabu (1/7) menjelaskan, proses evakuasi seluruh kendaraan yang ada di dalam kapal sudah selesai dilakukan oleh tim evakuasi.

“Setelah berupaya keras, tim akhirnya mampu menyelesaikan proses evakuasi semua kendaraan yang terjebak di dalam kapal. Butuh waktu sepekan lebih untuk tim menuntaskan proses evakuasi karena terkendala gelombang. Kendaraan yang berhasil dievakuasi semuanya berjumlah 33 unit,” ucapnya.

Baca juga:  Sempat Lewati Jembatan Tukad Unda, Antrian Truk Mulai Berkurang

Suyasmin mengatakan, setelah proses evakuasi kendaraan usai, tim evakuasi selanjutnya fokus pada proses pengangkatan kerangka atau body kapal ke permukaan (pengapungan). Sebelum itu dilakukan, petugas lebih dulu melakukan pengurasan lumpur serta air yang berada di dalam kapal.

“Kini tim tengah melalukan persiapan untuk pengangkatan dan pemindahan body kapal segera dilakukan. Dan kita harap Senin depan kapal sudah hilang dari dermaga II. Semoga tidak ada hambatan sehingga proses pengangkatan dan pengapungan body kapal berjalan dengan lancar,” katanya.

Baca juga:  Panjat Tebing Karangasem Bidik 3 Emas di Porprov

Dia menjelaskan, bila nantinya body kapal sudah dievakuasi, pihaknya kembali bakal mengoperasikan Dermaga II untuk mengurangi kemacetan. Sebab, sampai saat ini masih terjadi penumpukan kendaraan logistik yang hendak menyeberang ke Lembar. “Sekarang antrean kendaraan pengangkut logistik masih padat di areal pelabuhan. Bahkan antrean kendaraan di By Pass Ida Bagus Mantra di Klungkung masih mengular. Semoga evakuasi cepat bisa diselesaikan sesuai harapan,” kata Suyasmin. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.