Drs. Gede Suyasa, M.Pd. (BP/Mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan terkonfirmasi positif terinfeksi Virus Corona. Tambahan PDP ini membuat jumlah kasus terkonfirmasi positif Virus Corona di Buleleng sebanyak 94 orang. Sedangkan di hari yang sama sebanyak 2 orang PDP dinyatakan sembuh, sehingga total pasien sembuh saat ini sebanyak 84 orang.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd Senin (29/6) membenarkan adanya tambahan 1 orang PDP terkonfirmasi positif itu.

Baca juga:  Rekap Sementara DPR RI Dapil Bali, Suara I Nyoman Parta Melesat Jauh

Gede Suyasa mengatakan, dari tracing yang dilakukan tim surveillance menunjukan, PDP dengan kode 116 ini pernah kontak langsung dengan PDP 101. Setelah dilakukan tes spesimen swab berbasi PCR, sempelnya menunjukan hasil positif. Dengan hasil itu, tim medik kemudian merawat PDP asal Kecamatan Buleleng itu di Rumah Sakit Pratama (RSP) Giri Emas, Kecamatan Sawan.

“PDP terkonfirmasi hari ini adalah ada hubungan keluarga dengan PDP yang sebelumnya sudah terkonfirmasi positif, dan yang bersangkutan sudah di karantina untuk menjalani treatment pengobatan,” katanya.

Baca juga:  Cegah Penyebaran COVID-19, Australia Sebut Penutupan Perbatasan hingga Akhir 2022

Jika ada tambahan 1 PDP terkonfirmasi positif, namun di hari yang sama, gugus tugas menerima laporan pasien yang sembuh. Dari catatan tim medik, ada 2 PDP yang dinyatakan sembuh setelah test spesimen swab berbasis PCR dua kali berturut-turut hasilnya negatif. Pasien itu adalah PDP kode 109 dan PDP 110 asal Kecamatan Tejakula. Khusus untuk PDP 101 sebelumnya adalah PDP terkonfirmasi positif Virus Corona yang terrtular dari keluarga dekatnya yang tinggal di Kabupaten Gianyar.

Baca juga:  Kemenkes Segera Atasi Kelangkaan Vaksin Covid-19

Setelah menjalani treatment pengobatan dan test spesimen swab, hasilnya dua kali swab berturut-turut dinyatakan negatif, sehingga yang bersangkutan dinyatakan sembuh dari paparan Virus Corona. “Hari yang sama 2 orang PDP telah sembuh dan satu diantaranya adalah kasus penularan dari Gianyar, kami berharap warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan karena kasus transmisi lokal maish terjadi,” jelasnya. (Mudiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *