Wagub Bali, Cok Ace. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali akan mengangkat sesuatu yang baru untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan. Working from Bali atau bekerja dari Bali disebut menjadi peluang yang bisa dikembangkan sebagai tujuan wisata baru.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) saat membuka Webinar series #5 dengan tajuk ‘Road Map to Bali Next Normal : Imagine Working From bali, Why Not?’, Jumat (26/6) mengatakan Bali punya banyak kelebihan yang bisa ditawarkan. “Bicara masalah ‘working from Bali’ atau bekerja dari Bali, saya jadi teringat cerita seorang warga negara Prancis yang dalam jangka waktu setahun bisa dua kali berkunjung ke Bali dalam rentang waktu yang cukup lama,” tuturnya.

Ternyata, lanjut Cok Ace, warga negara Prancis itu memang sengaja bekerja dari Bali, tinggal di Bali untuk mengurus perusahaannya dengan modal laptop kecil dan teras villa sederhana di Ubud. “Dari cerita tersebut, saya pikir ‘working from Bali’ bisa dilakukan,” imbuhnya.

Menurut Cok Ace, pandemi COVID-19 adalah momentum yang tepat, karena di sisi lain juga menghasilkan kebiasaan-kebiasaan baru. Salah satunya, bekerja tidak melulu dari kantor.

Baca juga:  Dana Pemda di Perbankan Naik 10 Persen, Sri Mulyani Ungkap Provinsi Bersaldo Tertinggi dan Terendah

Tapi bisa dari rumah atau tempat lain dengan lebih sehat, lebih fresh dan tanpa perlu pusing sewa kantor atau berdesakan di lift. “Bali punya modal besar untuk hal tersebut. Pertama, udaranya relatif bersih dengan cuaca yang stabil sepanjang tahun. Lalu pemandangan memukau, pasir putih, langit biru, merupakan perwujudan bersih yang sesungguhnya,” jelasnya.

Cok Ace menambahkan, Bali juga mempunyai sisi kesehatan yang baik. Suasananya lebih fresh sehingga pikiran bisa jauh dari stress.

Pikiran lebih mudah dikendalikan dan tentunya lebih bermanfaat dalam bekerja secara lebih produktif. Lalu, Bali juga relatif lebih terjangkau dari segi biaya hidup dibandingkan negara lain. “Bali memiliki vibrasi tersendiri, suatu ‘healing power’ yang diperoleh dari beragam upacara yang dilaksanakan hampir setiap hari. Memberikan ketenangan bagi siapapun,” paparnya.

Dalam aspek keamanan dan kenyamanan, Cok Ace menyebut masyarakat Bali sangat terkenal dengan keramahan atau hospitality-nya. Orang Bali sangat menerima perbedaan.

Asalkan tidak menimbulkan ketersinggungan, maka akan sangat mudah orang luar untuk nyaman berada di Bali. Dari sisi infrastuktur, Bali sedang giat membangun dan menyempurnakan segala akses transportasi baik darat, laut maupun udara.

Baca juga:  Masih Diminati, Lagu Anak-anak Daerah Bali

Pembangunan juga kini menyasar kawasan Bali utara dan Bali barat, dengan jalan tol serta penyempurnaan bandara dan pelabuhan. Pelabuhan Benoa misalnya, disiapkan untuk menampung kapal cruise berukuran besar dengan fasilitas memadai. “Potensi luar biasa ini, sangat berpeluang untuk dikembangkan, dengan menyasar para pekerja yang kini lazim disebut ‘digital nomad’,” katanya.

Namun tentu saja, Cok Ace mengatakan masih ada beberapa hal lain yang patut disempurnakan seperti akses internet yang lebih cepat dan stabil. Beruntung, Sebagian besar wilayah Bali bukan merupakan ‘blind spot’ sehingga memudahkan akses internet.

Bali juga punya program ‘Bali Smart Island’ sehingga di masa mendatang, tidak akan ada lagi kawasan di Bali yang tidak tersentuh akses internet. Selain itu, juga perlu dirancang system visa yang bersifat long stay dengan syarat-syarat tertentu.

“Sekali lagi, jika kita cerdas menciptakan Bali sebagai ‘working space’ untuk para pekerja dari mancanegara, mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar dunia, maka ini adalah peluang besar,” tandasnya.

Dubes Indonesia untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun mengatakan Bali mempunyai modal besar untuk program ‘Working from Bali’ sesuai paparan Wagub Cok Ace. Bahkan sebenarnya sudah sejak lama, banyak wisatawan yang datang untuk bekerja sekaligus berwisata ke Bali.

Baca juga:  Hadapi Tekanan Besar, Fungsi Hutan di Bali Berkurang 600 Ha Per Tahun

Tentu saja, internet yang stabil dan cepat akan jadi modal dasar untuk itu dan akan sangat baik jika dijalankan dengan program ‘Bali Smart Island’. Ditambah modal alam dan fasilitas di Bali, maka akan menjadi tempat kerja yang nyaman bagi ‘digital nomad’ sekaligus memberikan pengalaman wisata tersendiri.

“Di China, sudah banyak perusahaan yang melihat Bali sebagai salah satu lokasi untuk ‘working space’, mulai dari perusahaan IT raksasa hingga e- commerce yang memang sudah memberikan keleluasaan bagi karyawannya untuk bekerja, dari manapun,” ujarnya.

Terlebih, kata Djauhari, para ‘digital nomad’ ini punya kecenderungan spend money yang tinggi. Kedepannya, perlu juga promosi yang signifikan di negara-negara dengan perusahaan raksasa, untuk para pekerja kreatif, desainer, dan mereka yang tidak memerlukan kantor formal. Jangan lupakan pula promosi lewat sosial media yang kini punya dampak sangat besar. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *