Dua bule Amerika yang tersesat di hutan. (BP/istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dua warga Amerika yakni Roland dan Ridge tersesat di hutan Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Minggu (21/6) malam. Keduanya tersesat setelah mempergunakan peta berbasis online berupa Google Maps sebagai petunjuk arah ketika hendak ke Badung.

Koordinator Pos SAR Karangasem I Gusti Ngurah Eka Widnyana, Senin (22/6), mengungkapkan, sebelum tersesat di hutan, kedua bule tersebut sempat mengunjungi Amed, Kecamatan Abang. Setelah menikmati panorama Amed, keduanya memutuskan berangkat ke Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Badung.

Baca juga:  Pendaki Asing Tersesat di Gunung Agung

“Agar perjalanan lancar, keduanya memakai petunjuk jalan Google Maps menuju Badung. Keduanya berangkat sekitar pukul 17.00 Wita. Namun, dalam perjalanan, peta tersebut mengarahkannya ke Desa Selumbung. Praktis bule itu mengikuti petunjuk jalan. Dan mereka memasuki hutan hingga membuat keduanya bingung dan tersesat,” Ucapnya.

Ngurah Eka menambahkan, karena tersesat keduanya berupaya untuk mencari jalan keluar hutan. Akan tetapi, karena medan yang dilalui turunan dan licin, akhirnya Roland dan Ridge memutuskan turun dari motor dan berjalan kaki. “Keduanya berupaya mencari rumah penduduk yang ada di dekat lokasi. Kebetulan temen korban ada yang tinggal di Pererenan masih bisa dihubungi via telepon,” ujarnya.

Baca juga:  5 WNA Nekat Daki Gunung Agung Diamankan

Ia mengatakan kedua korban meminta bantuan agar dicarikan pertolongan ke Basarnas Bali. Setelah itu, Provinsi menggerakkan tim dari Pos SAR Karangasem, selanjutnya menyisir hutan melalui medan perbukitan hutan Bukit Catu. “Saat ditemukan kondisi selamat,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.