KMP Dharma Rucitra III kandas di Pelabuhan Padangbai. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sudah empat hari KMP Dharma Rucitra III karam di dermaga II Palabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem. Namun Selasa (16/6), belum juga dilakukan evakuasi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSDP) Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin, mengakui evakuasi belum dilakukan. Ia mengatakan evakuasi baru akan dilakukan setelah petugas selesai melakukan survei terkait proses evakuasi tersebut.

“Survei memang sangat perlu sekali dilakukan sebelum melakukan evakuasi. Sehingga nantinya tidak menimbulkan risiko berat. Karena dengan survei, tim tahu seperti apa teknis evakuasinya nanti. Semoga evakuasi segera bisa dilaksanakan” ucapnya.

Baca juga:  Buntut KMP Dharma Rucitra III Belum Dievakuasi, Antrean Truk Pengangkut Logistik Mengular

Suyasmin menjelaskan, dalam melakukan evakuasi nanti, bakal mempergunakan sebuah pelampung. Pelampung ini nantinya, dipergunakan untuk menyeimbangkan kapal agar bodi kapal naik ke permukaan. “Kemungkinan evakuasi pertama terhadap kendaraan yang di dalam. Selanjutnya baru akan mengevakuasi kapal,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal KMP Dharma Rucitra III yang berangkat dari Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat (NTB) karam di dermaga II Pelabuhan Padangbai, Manggis, pada Jumat (13/6) malam. Kapal nyaris tenggelam karena kebocoran di bagian lambung kapal.

Baca juga:  Evakuasi KMP Hampir Terbalik di Padangbai, Masih Tunggu Ini

Sebanyak 60 penumpang berhasil selamat. Sementara puluhan kendaraan besar dan kecil terjebak di kapal itu. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.