Petugas mengambil spesimen swab untuk dites PCR. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pascatemuan satu pedagang ikan yang positif COVID-19 di Pasar Gunung Agung, puluhan pedagang dites swab pada Rabu (10/6). Hasil dari swab 33 pedagang ikan itu sudah keluar.

Menurut Dirut Perumda Pasar Sewaka Dharma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata, Senin (15/6), hasil seluruh pedagang yang dites swab sudah keluar. Ia mengatakan dari 33 orang yang dites swab, semuanya negatif COVID-19. “Untuk hasil tes swab 33 pedagang di Pasar Gunung Agung sudah keluar semua hari ini. Semuanya dinyatakan negatif,” kata Kompyang.

Tes swab ini dilakukan, menyusul adanya satu orang pedagang ikan yang berjualan di sana dinyatakan positif COVID-19. Selain melakukan swab, Perumda Pasar juga melakukan rapid test kepada 79 pedagang Pasar Gunung Agung siang.

Beruntung, hasil rapid test terhadap 79 pedagang semua non-reaktif. “Besok akan ada lagi rapid untuk pedagang Pasar Gunung Agung yang belum di-rapid hari ini. Kami akan tuntaskan,” katanya.

Dengan hasil negatif ini, terhitung mulai hari ini pedagang sudah bisa berjualan seperti biasa. “Sudah bisa berjualan kembali. Kecuali yang dinyatakan positif tetap isolasi 14 hari,” katanya.

Kompyang mengatakan tes akan terus dilaksanakan di pasar yang pedagangnya ada dinyatakan positif COVID-19 itu. Hal ini dilakukan agar pedagang tersebut mendapat kepercayaan dan masyarakat merasa aman saat berbelanja ke pasar.

Selain melakukan rapid test dan swab, pihaknya juga melakukan penataan terhadap pedagang agar tidak terlalu berdekatan, seperti melakukan dengan pola shift. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.