Beberapa petugas kesehatan mengambil spesimen pedagang pelataran Pasar Kumbasari, Denpasar. (BP/dok).

DENPASAR, BALIPOST.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Denpasar melalui Puskesmas II Denpasar Barat bersama Perumda Pasar Sewakadarma melaksanakan swab test kepada para pedagang di pelataran Pasar Kumbasari. Pada Jumat (12/6), swab test diikuti 33 orang pedagang serta sejumlah staf pasar yang pernah kontak erat dengan pedagang dinyatakan positif COVID-19.

Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar I.B. Kompyang Wiranata menjelaskan, pelaksanaan swab test ini sebagai tindak lanjut atau screening awal menyikapi beberapa pedagang pelataran Pasar Kumbasari yang dinyatakan positif COVID-19. Selain untuk memastikan kondisi kesehatan pedagang sekitar, hal ini juga sebagai upaya menberikan rasa aman dan nyaman serta sehat bagi pengunjung dan pedagang Pasar Kumbasari. “Swab test untuk pedagang dalam radius 10 meter dari lokasi lapak pedagang yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19,” ujarnya.

Menurutnya, demi keamanan dan keselamatan bersama, telah dilakukan penutupan sementara sejumlah area. Tak hanya itu, dilaksanakan pula sterilisasi melalui kegiatan disinfeksi setiap hari.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan, pihaknya belakangan ini Denpasar gencar dan masif melakukan tracing dan testing terhadap orang yang pernah kontak erat dengan orang yang positif COVID-19. Tujuannya agar sebaran kasus bisa segera diketahui dan bisa lebih cepat dilakukan blocking dan isolasi.

Selebihnya Dewa Rai menjelaskan, secara statistik memang angka kasus COVID-19 akan kelihatan melonjak tajam, tetapi hal ini sebagai bagian dari strategi untuk mempercepat memutus rantai penularan virus. Sebab dengan diketahui lebih cepat, status orang yang terpapar virus Corona akan lebih mudah ditangani. (Eka Adhiyasa/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.