Pelaku UMKM harus mengadopsi layanan bisnis digital untuk bisa berkembang di era new normal. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Guna membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia bertranformasi menjadi bisnis online dan berkembang di era ekonomi digital, diluncurkan sebuah platform all-in-one. Terlebih di tengah pandemi COVID-19, adopsi teknologi digital sangatlah penting.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Republik Indonesia, Teten Masduki dalam konferensi pers virtual mengatakan UMKM adalah sektor yang menjaga roda perekonomian tetap berputar. Oleh karena itu, lanjutnya,  harus dipastikan keberlangsungan bisnis mereka di tengah masa transisi ke arah tatanan kehidupan baru atau new normal.

Baca juga:  Implementasi Kebijakan Pro-perempuan dan Pelestarian Lingkungan Dibahas di G20 MCWE

Ia mengatakan pandemi COVID-19 telah menunjukkan pentingnya digitalisasi. UMKM yang telah mengadopsi teknologi digital dapat terus beroperasi selama masa PSBB, dan dapat meminimalisir dampak pandemi terhadap bisnis mereka.

Untuk itu, platform all-in-one seperti GrabMerchant yang baru diperkenalkan Grab, dinilai akan membantu mempercepat transformasi digital para UMKM di Indonesia. Sehingga mereka dapat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital.

GrabMerchant, yang mencakup aplikasi dan web portal, dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan oleh para mitra merchant guna menjalankan dan mengelola bisnis mereka secara menyeluruh. Aplikasi GrabMerchant membantu mitra merchant dalam mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis mereka.

Baca juga:  Dongkrak Penjualan, XL Gandeng Dua Perusahaan Teknologi Ini

Sementara itu, web portal GrabMerchant menyediakan informasi yang komprehensif mengenai kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang mereka jalankan.

COVID-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang signifikan terhadap layanan berbasis online di seluruh dunia. Hal tersebut turut memicu terciptanya berbagai inovasi di Indonesia, namun di sisi lain juga menimbulkan risiko akan semakin lebarnya kesenjangan digital.

Dijelaskan Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, platform GrabMerchant ini merupakan salah satu wujud dari komitmen jangka panjang ‘Grab for Good’ untuk membantu percepatan transformasi digital para UMKM di Indonesia. “Dengan menyediakan solusi bisnis yang mudah digunakan untuk membantu mereka memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online mereka secara mandiri,” ujar Neneng.

Baca juga:  Tren Kuliner 2023, Nasi Goreng Masih Jadi Makanan Terfavorit

Ia menjelaskan GrabMerchant membantu UMKM untuk mendigitalisasi operasional mereka secara menyeluruh. Dari menerima pembayaran digital melalui OVO hingga engakses fitur-fitur yang dapat mengoptimalkan bisnis online mereka. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *