Dua orang warga hendak meninggalkan areal Pasar Kumbasari, Denpasar dari pintu keluar Barat yang ditutup, Kamis (11/6). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ratusan pedagang pelataran Pasar Kumbasari akan di-rapid test dan diuji swab. Hal ini menyusul maraknya pedagang setempat yang terjangkit virus Corona.

Sejauh ini total sebanyak 18 pedagang setempat yang dinyatakan positif COVID-19. Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar I.B. Kompyang Wiranata, Kamis (11/6), menyampaikan, mengingat banyaknya jumlah pedagang dan pasar sedang ditutup sementara, rapid dan swab test akan dilaksanakan secara bertahap.

Rencananya akan dilaksanakan pada Jumat (12/6) dan Sabtu (13/6) serta untuk yang masih tercecer dilanjutkan pada Senin dan Selasa pekan depan. “Pedagang sedang libur, kami kesulitan menghubungi,” imbuhnya.

Kompyang menjelaskan, mengingat 43 orang sudah mengikuti tes, maka tes kesehatan nanti akan diikuti 382 pedagang. Tes swab wajib diikuti oleh semua pedagang ikan yang jumlahnya sekitar 100 orang serta pedagang lain yang berjualan di radius 5 hingga 10 meter dari pedagang yang dinyatakan positif COVID-19.

Sedangkan rapid test ditujukan ke pedagang lainnya di luar dua indikator tersebut. Jika hasilnya reaktif, maka mereka harus mengikuti tes swab. “Untuk swab besok, target kami 50 pedagang,” jelasnya.

Pihaknya meminta masyarakat yang sempat kontak dengan pedagang positif COVID-19 untuk melaporkan diri ke pihaknya maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Selain itu pedagang juga diminta menginformasikan orang-orang yang pernah kontak sebelumnya. (Eka Adhiyasa/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.