Ilustrasi. (BP/Suarsana)

DENPASAR, BALIPOST.com – Protokol kesehatan belum maksimal diterapkan di pasar-pasar dan berdampak pada meningkatnya pedagang terpapar COVID-19. Menyikapi kondisi ini, Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia menyarankan lebih mendisiplinkan diri mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kami monitor di beberapa tempat di wilayah Bali terjadi peningkatan penyebaran COVID-19 melalui transmisi lokal. Ini mengindikasikan masih kurangnya kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam melindungi diri. Termasuk belum menerapkan protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintahan,” tegas Kapenrem Mayor Bagus.

Banyak penularan terjadi di area umum atau publik seperti pasar, menurut Kapenrem, artinya di tempat seperti ini sangat rentan penularan. Oleh karena itu dia mengimbau kepada masyarakat selalu pakai masker saat beraktivitas di luar.

Disediakan fasilitas tempat cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan dan jangan keluar rumah bila tidak ada hal penting. Frekuensi ke pasar bisa dikurangi.

Kalau situasi normal bisa setiap hari, tapi saat COVID-19 yang cukup 2 sampai 3 kali seminggu buat belanja kebutuhan. “Jadi untuk terhindar dari penyebaran COVID-19 maka kedisiplinan kita dalam menerapkan protokol kesehatan adalah kuncinya. Itu cara efektif saat ini yang harus dilakukan masyarakat,” ungkap Bagus. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.