Personil Polsek Kintamani memperlihatkan peralatan penanganan bencana yang disiagakan dalam menghadapi bencana. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Kintamani menjadi salah satu kecamatan yang rawan terjadi bencana alam. Untuk mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di wilayah tersebut, Polsek Kintamani telah menyiapkan posko siaga bencana alam lengkap dengan peralatan yang diperlukan.

Kapolsek Kintamani Kompol I Made Raka Sugita, Kamis (4/6), mengatakan Kintamani merupakan daerah yang memiliki cuaca yang cukup ekstrem. Kondisi geografis Kintamani yang berbukit menyebabkan wilayah tersebut rawan terjadi bencana.

Atas dasar itu, pihaknya membentuk Posko Siaga Bencana bertempat di Mako Polsek. Posko Siaga Bencana ini merupakan gagasan dari Polres Bangli yang kemudian ditindaklanjuti masing-masing Polsek. “Tujuan dari adanya posko siaga bencana adalah sebagai kesiapsiagaan kami apabila ada suatu kejadian bencana alam dapat menuju ke tempat kejadian dengan cepat,” terangnya.

Posko siaga bencana yang disiapkan memiliki alat-alat yang lengkap untuk penanganan bencana. Seperti mesin chainsaw, sepatu booth, sekop, gergaji, sabit, mantel, cangkul, helm, senter dan peralatan lainnya.

Dalam melakukan penanganan bencana, personil akan memperhatikan protokol keselamatan dan kesehatan. Alat inventaris selalu dibersihkan dengan disinfektan secara rutin.

Anggota yang turun ke lapangan juga selalu menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan tugas. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.