Rumah warga tertimpa material longsoran. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com) – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Karangasem memicu terjadinya tanah longsor yang menimpa salah seorang rumah warga yang ada di Banjar Dinas Klungah, Desa Wisma Kerta, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Minggu (31/5) malam. Akibat kejadian itu, membuat bagunan rumah milik I Ketut Suda rusak berat akibat di terjang material longsoran.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, bencana tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 23.20 Wita. Sebelum longsor, wilayah tersebut dilanda hujan lebat. Dan sebelum tanah longsor terjadi, pemilik rumah sempat tidur di kamar barat sebelum kejadian. Akan tetapi, mengingat hujan semakin deras pemilik rumah akhirnya memutuskan untuk pindah menempati kamar sebelah timur. Sehingga, pemilik rumah selamat dari reruntuhan bagunan dan material longsoroan yang berisi bongkahan batu dengan ukuran yang sangat besar.

Kepala wilayah Banjar Klungah, Desa Wisma Kerta, I Kadek Saka Dwi Jaya mengungkapkan, berdasarkan penuturan dari pemilik rumah, yakni I Ketut Suda, kalau awalnya memiliki rasa cemas saat hujan turun sangat deras, sehingga meminta kepada semua anggota keluarganya lantas diminta untuk tidur di balai rumah lainnya yang masih ada di satu pekarangan. “Rumah korban ada dua kamar. Kamar barat dan timur. Yang terkena material longsor adalah kamar yang ada di sebelah barat, sehingga semua penghuni selamat,”ucapnya

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengatakan, kondisi tanah masih labil. Untuk itu, pihaknya menyarankan kepada pemilik rumah untuk sementara waktu bergeser ke tempat yang lebih aman untuk mengantisifasi adanya longsor susulan. (Eka Prananda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.