Petugas BPBD Denpasar melakukan penanganan banjir. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hujan yang mengguyur Denpasar dan sekitarnya sejak Minggu malam hingga Senin (1/6) dinihari menyebabkan sejumlah banjir dan longsor. Dari hasil pantauan Pusdalop BPBD Denpasar beberapa lokasi tergenang air cukup tinggi.

Bahkan, beberapa warga sempat dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Seperti yang terjadi di Jalan Tangkuban Perahu, Denpasar Barat.

Kepala BPBD Denpasar, I.B. Joni Ariwibawa mengatakan, banjir dan tanah longsor disebabkan tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur wilayah Denpasar dan Badung Utara. Sejumlah tanggul di perumahan warga longsor dan menyebabkan endapan lumpur di pemukiman warga.

Baca juga:  Banjir Bandang, Jalan Jebol di Pangkung Manggis

Adapun TKP banjir dan tanah longsor yang terdata di Pusdalops di antaranya, Jalan Gunung Tangkuban Perahu, Padang Sambian, Denpasar Barat. Dikatakan, di TKP ada tujuh warga yang terjebak dan minta untuk dievakuasi ke tempat yang aman. “BPBD Kota Denpasar dengan mengerahkan tim dari Pos Induk dan Mahendradata untuk melakukan evakuasi ketujuh warga tersebut menggunakan perahu karet,” jelasnya.

Selanjutnya di tempat yang aman, Tim PSC Mahendradata melakukan pengecekan kondisi warga yang dalam kondisi sadar dan kedinginan. “Selanjutnya mendapat perawatan dengan minyak hangat dan selimut,” ujar Gus Joni, sapaan akrabnya.

Baca juga:  Wakapolda Minta Pengamanan Natal Optimal

Selain itu, ada pula banjir di Jalan Dewi Supraba Gang Putra. Akibat banjir terjadi kiriman lumpur yang sangat tinggi. “Lumpur masih cukup tebal. Karena itu, BPBD menyiapkan Tim untuk malaksanakan Penyedotan, penyemprotan dan pembersihan,” jelasnya.

Banjir juga terjadi di Jalan Antasura Gang Jambu, Peguyangan. Di lokasi ini juga ada lumpur setelah banjir surut.

BPBD menyiapkan tim untuk melaksanakan, penyedotan, penyemprotan dan pembersihan. Tempat lainnya, yakni di Jalan Kebo Iwa Utara, Perumahan Giring, Tahap 1 dan Tahap 5, Padang Sambian Kaja, Denpasar Barat sempat tetrndam banjir. Tim BPBD juga sudah menanganinya.

Baca juga:  Penggalangan Dana Kemanusiaan Bagi Pengungsi Wajib Kantongi Ijin Dinsos

Dikatakan, banjir juga terjadi di Jalan Lembu Sura, SD 11 Peguyangan, Denpasar Utara. Tim juga sudah melaksanakan penyedotan, penyemprotan, dan pembersihan.

Sementara itu, tanah longsor terjadi di Jalan Kaswari Gang Sri Rama No. 5, Penatih, Denpasar Timur. BPBD sudah malaksanakan pemantauan dan kaji cepat oleh Tim TRC. Demikian pula di Perum Bima Mulia Blok E, Ubung Kaja, Denpasar Utara. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.