Drs. Gede Suyasa, M.Pd. (BP/Mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Penularan Virus Corona melalui transmisi lokal masih saja ditemukan di Buleleng. Gugus tugas kabupaten Buleleng pada Jumat (29/5), mencatat sebanyak 6 orang PDP tertular COVID-19 setelah test swab PCR positif.

Selain penambahan, di hari yang sama juga ada 6 orang PDP dipulangkan oleh tim medis, setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabuaten Buleleng Drs. Gede Suyasam M.Pd. mengatakan bahwa 6 orang yang terkonfirmasi positif itu seluruhnya merupakan kasus transmisi lokal.

Penularannya dari pasien kode 61 kemudian menyebar kepada warga lain dalam satu keluarga dekat itu. “Jadi untuk pasien baru ini semuanya kontak dengan pasien dalam satu keluarga ini baik di Kecamatan Gerokgak dan di Desa Bondalem,” katanya.

Sedangkan untuk pasien yang dipulangkan, Suyasa menyebut trend kesembuhan ini mengimbangi penambahan kasus terkonfirmasi baru. “Penularan yang melalui transmisi lokal ini harus tetap kita waspadai dengan disiplin melakukan protap kesehatan,” katanya.

Suyasa mengatakan, sejak wabah pandemi COVID-19 merebak, tim medis telah melakukan rapid test berbasis antibodi sebanyak 4.400 orang. Ribuan warga yang disasar rapid test dan dilanjutkan test swab PCR itu berdasarkan hasil tracing di lapangan, argumentasi dan pertimbangan teknis sesuai protap penanganan COVID-19. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.