Bupati Suwirta saat tiba di Dinas Perhubungan. (BP/ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Menjelang diberlakukannya era baru, Pemkab Klungkung bergerak cepat untuk mempersiapkannya, khususnya pada bidang perhubungan. Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, memberi perhatian khusus pada bidang perhubungan, khususnya teknis angkutan siswa gratis agar aman dalam mengangkut siswa, bila sudah diperbolehkan belajar di sekolah. Bupati Suwirta saat meninjau ke Dinas Perhubungan, Kamis (28/5) mengatakan akan melakukan rapid test kepada seluruh sopir angkutan siswa gratis.

Bupati Suwirta didampingi Kadis Perhubungan I Nyoman Sucitra, mengatakan new normal ini harus disiapkan dengan matang. Khususnya di bidang angkutan laut untuk pengoperasian spead boat dan di bidang angkutan darat yakni angkutan siswa gratis. Khusus untuk angkutan siswa gratis, apabila sudah diperbolehkan untuk ke sekolah dengan syarat 50 persen kapasitas angkutan, maka semua standar protokol kesehatan harus disiapkan.

Pihaknya meminta Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan harus berkoordinasi dalam penggunaan angkutan siswa gratis pada hari pertama new normal dan seterusnya. Sehingga tidak kelabakan. Ini harus disiapkan dengan matang, agar tidak menimbulkan kekacauan. “Semua ini akan difinalkan untuk kelonggarannya, apakah mereka boleh beroprasi dengan angkutan 50 persen dan protokol kesehatannya,” ujar Bupati Suwirta

Bupati Suwirta juga tetap mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi. Maka dari itu, sebelum dioprasikannya angkutan siswa gratis, sebanyak 110 orang sopir akan di rapid test. Ini untuk memastikan kesehatan para sopir angkutan siswa gratis, agar justru tidak menjadi penular terhadap orang lain. “Semua sopir akan dirapid test lebih dulu, sehingga ada jaminan bahwa sopir diyakini sehat terhindar dari virus, sebelum mengangkut banyak orang siswa, ” tegas Bupati Suwirta

Selain itu, dalam kunjungannya ke Dinas Perhubungan ini, Bupati ingin memastikan review Rencana Induk Pelabuhan (RIP) di Pesinggahan sampai Kusamba dipastikan selesai tahun ini. Selanjutnya akan dianjutkan dengan review Feasibility Study (FS) di tahun 2022. Sehingga, sudut yang lagi satu pada proyek besar pelabuhan segitiga emas versi Klungkung ini, bisa diwujudkan. Tidak lupa pada bidang KIR kendaraan, Bupati Suwirta menugaskan untuk membuat aplikasi KIR mobile, sehingga uji KIR secara online melalui aplikasi smartphone bisa dilakukan. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.